Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Dinas P3A P2KB PMD Kabupaten Balangan Lakukan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas…

Dinas P3A P2KB PMD Kabupaten Balangan Lakukan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas BUMDesa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3A P2KB PMD) Kabupaten Balangan melakukan sosialisasi peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), di Aula Inspektorat Kabupaten Balangan, Paringin Selatan, Rabu (31/01/2024).

Disampaikan Sekretaris Dinas P3A PPKB PMD, Bejo Priyogo, peningkatan kapasitas BUMDesa pada prinsipnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Peningkatan kapasitas dari usaha desa yang pada prinsipnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa, dengan masyarakat desa itu sendiri, diupayakan untuk lebih mandiri,” sampainya.

BACA JUGA :  96 Peserta Ikuti Pelatihan Dari BLK Balangan

Bejo Priyogo menjelaskan, kegiatan hari ini juga bertujuan agar BUMDesa mampu untuk mengelola keuangan dan administrasinya dari perencanaan hingga laporan.

“Dan tujuan pada pelatihan hari ini adalah tentang pengelolaan masalah keuangan desa, sehingga mulai dari perencanaan, sampai pelaporan itu, keuangan bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Selanjutnya, Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Balangan, selaku narasumber, Wahyudi, mengatakan sosialisasi ini dikhususkan pada Aplikasi SIA BUMDesa.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Sambut Kunjungan Rombongan Kemenkumham Kalsel dan Imigrasi Banjarmasin

“Sosialisasi hari ini kami khususkan pada Aplikasi SIA BUMDesa, Aplikasi SIA BUMDesa intinya untuk supaya ada penyeragaman laporan keuangan BUMDesa di Kabupaten Balangan,” katanya.

Menurut Wahyudi, tindak lanjut dari sosialisasi ini akan dilakukan pendampingan-pendampingan langsung ke BUMDesa, supaya lebih efektif dan pengurus BUMDesa mampu menyerap apa yang disampaikan pada hari ini.

Baca Juga