Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. BPBD Kapuas Beri Sejumlah Saran Terkait Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

BPBD Kapuas Beri Sejumlah Saran Terkait Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga turut menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) pendistribusian logistik Pemilihan umum (Pemilu) 2024, bertempat di Aula Rujab Bupati Kapuas, Sabtu (3/2/2024).

Dalam Rakor yang digelar KPU Kabupaten Kapuas tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga menyampaikan paparan terkait kondisi prakiraan cuaca dan alam yang terjadi saat ini dan sejumlah saran terkait pendistribusian logistik Pemilu 2024.

BACA JUGA :  Bupati Kapuas Ir Ben Brahim Ikuti Pertemuan Dengan KPK Secara Virtual

Sinaga menyebutkan Berdasarkan prakiraan Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa hujan masih terjadi hingga akhir Februari dengan itensitas tinggi.

“Untuk itu kami menyarankan agar pendistribusian logistik pemilu ke daerah mempertimbangkan resiko rusak terkena air hujan/banjir. Karena hampir seluruh logistik pemilu tidak tahan air,” kata Panahatan Sinaga.

Lebih lanjut, BPBD Kapuas juga menyarankan untuk penyimpanan logistik Pemilu agar memperhatikan lokasi yang aman dari bencana banjir atau mencari lokasi yang tinggi.

BACA JUGA :  Sosialisasi dan Pendataan Usaha Potensial Khusus Warga Penerima PKH di Kelurahan Panamas

“Untuk lokasi tempat pemungutan suara (TPS) saran kami agar ditempatkan di lokasi yang aman dari banjir dan cuaca ekstrim,” ucapnya.

Kemudian, Panahatan Sinaga juga menyarankan agar KPU dan jajaran juga perlu mempersiapkan lokasi alternatif TPS untuk mengantisipasi banjir pada saat hari H pencoblosan.

“Kami sudah sampaikan di hadapan forum Rakor tadi. Kami BPBD siap berkoordinasi dan menjalankan suksesnya Pemilu yang aman dan damai,” pungkasnya. ()

Baca Juga