Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Lima Kandidat Bakal Diseleksi Jabatan Camat Karang Intan

Lima Kandidat Bakal Diseleksi Jabatan Camat Karang Intan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Selepas ditinggalkan pejabat definitif dan Pelaksana tugas (Plt) Camat Karang Intan yang sama-sama telah meninggal dunia, kini Pemkab Banjar mulai menyiapkan calon penggantinya. Lima orang diusulkan untuk dipilih dan dilantik sebagai Camat Karang Intan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banjar, Erny Wahdini, mengatakan, sebelum 14 Februari 2024 posisi Camat Karang Intan bakal terisi. Mengingat, sosoknya diperlukan. Apalagi, tugasnya juga ikut mengawal Pemilu yang aman dan damai.

“Sebelum tanggal 14 Februari 2024 segera disiapkan SDM yang memang sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan terutama diposisi kekosongan termasuk di kecamatan,” ujarnya, kepada sejumlah awak media, Rabu (7/2/2024).

Tak hanya ditinggalkan dua pejabat yakni Camat dan Sekretaris Kecamatan Karang Intan saja. Melainkan, masih ada satu orang lagi dalam posisi kosong, di mana jabatan Kasi Pemberdayaan Masyarakat (PM) ikut menjadi lowong sampai saat ini. “Jadi, totalnya ada tiga pejabat di sana kosong,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Ingatkan Prokes Dalam Pilkades Serentak

Yang jelas, kata dia, tak ada penunjukan Pelaksana tugas (Plt) tetapi ke arah penunjukan definitif. Terkecuali memang diarahkan sebaliknya untuk menutupi kekosongan sementara.

“Memang, Bupati Banjar ada menginstruksikan agar segera melaksanakan pengisian. Insya Allah, sebelum pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Erny.

Padahal, tinggal menghitung hari lagi Pemilu 2024 bakal dilaksanakan. Posisi pejabat teras (camat) yang memimpin instansi Kecamatan Karang Intan seharusnya juga dipilih dan dilantik.

“Kami kan sedang berupaya agar semaksimal mungkin karena menempatkan orang harus ada regulasi dan mekanismenya supaya tak salah,” ucapnya.

Kalaupun waktunya mepet, tuturnya, sosok figur yang cocok mengisi kekosongan pejabat definitif sementara bakal ditunjukan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar.

“Untuk mengisi kekurangan SDM itu baik kecamatan ataupun desa memang ada di Dinas PMD. Nanti kita coba koordinasi dengan mereka sekaligus meminta petunjuk Bupati Banjar juga,” tutur dia.

Ditanya ideal penunjukkan agar memenuhi panggilan sebagai pejabat teras di kecamatan? Erny mengatakan, latar belakangnya dari lulusan pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

BACA JUGA :  Kominfo Banjar Gelar Dialog dan Kenalkan Lagi Aplikasi LAPOR

Diakuinya, potensial calon pengganti Camat Karang Intan banyak. Namun, catatan pentingnya adalah gesit dan cerdas. Tujuannya pun, supaya target-target di tingkat kecamatan tercapai. “Bisa aja diambil kecamatan lain, tapi yang jelas kita menunggu arahan kepala daerah (Bupati Banjar),” katanya.

Ia tak menampik, sudah ada lima orang yang namanya masih dirahasiakan untuk duduk di pemerintahan tingkat kecamatan terutama camat. Selain itu, juga ada sekretaris kecamatan dan Kasi PM.

“Kalau kita menyampaikan namanya terlalu dini (cepat) dan nantinya mempengaruhi psikologis yang bersangkutan,” papar Erny.

Dirinya memastikan, dalam waktu dekat ini sudah ada nama Camat Karang Intan. Bahkan, lima orang yang diusulkan untuk dipilih hasil akhirnya ditentukan lewat rekomendasi langsung Bupati Banjar. “Kalau Plt itu biasanya ada 3 nama. Kalau usulannya ada lima nama iya sudah menentukan definitif,” tukasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga