Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Jumlah Pemilih di Tiga TPS di Gambut Masih Ada Yang…

Jumlah Pemilih di Tiga TPS di Gambut Masih Ada Yang Golput, Irigasi Selokan Raya Terbanyak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Jumlah partisipasi pemilih tak hadir (Golpot) di TPS 27, Selokan Raya, RT. 13B, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, pada Pemilu 14 Februari 2024, mencapai ratusan orang. Jika dibandingkan TPS lainnya, ini yang terbanyak.

Data yang didapatkan saat perwarta ini berada di lokasi, DPT yang tercatat dan telah mendapat undangan sebanyak 297 orang. Namun, jumlah DPT yang tak memberikan hak suaranya mencapai 106 DPT.

“Yang hadir memilih 191 orang dan tercatat sebagai DPT. Rinciannya, 88 orang terdiri dari perempuan dan 103 orang itu seluruhnya laki-laki,” ungkap salah satu petugas KPPS di TPS 27 Selokan Raya, RT. 13B, Gambut, Rabu (14/2/2024) tadi petang.

Rendahnya partisipasi ini disebabkan karena jadwal pemilihannya yang terbatas. Di mana, batas akhir pemilih mentok dipukul 13.00 Wita. Sehingga, ini lah menjadi penyebab partisipasi DPT tak hadir capai ratusan. “Terlebih, durasi pemilih yang cukup lama berada dibilik suara. Bahkan, terkesan over kapasitas di dalam TPS tersebut,” ungkap pengawas TPS setempat.

BACA JUGA :  PD Pasar Siap Tampung 420 Jamaah

Dijumpai di TPS 31, meski capaian pemilih sudah berada diangka sedang. tapi, masih saja didapati DPT yang tak hadir untuk memenuhi hak suaranya pada pesta demokrasi ini.

“DPT kita mencapai 237 orang di TPS ini dan semua undangan sudah kita bagikan. Tercatat, yang memberikan hak suaranya di sini mencapai 206 orang kalau,” ungkap Ketua KPPS TPS 31, RT. 15, Irigasi Gambut, Ansyari Fadli.

Secara persentase, Kata dia, sudah 80 persen. ” Untuk yang tidak berhadir dalam pencoblosan sebanyak 31 orang,” bebernya.

BACA JUGA :  Sosialisasi Gerakan Bersama Memviralkan Pariwisata

Selain itu, jumlah DPT yang tak memberikan hak suaranya juga didapati di TPS 30, Kompleks BSD, RT. 15, Irigasi Gambut, Kabupaten Banjar, sebanyak 41 orang dari 223 pemilih (DPT resmi). “Yang ikut mencoblos sekitar 185 orang dan ada DPTb 2 orang,” sebut Ketua KPPS TPS 30, Slamet.

Terakhir, terdapat di Kompleks Surya Mas 4, RT. 15, Irigasi Gambut. Ketua KPPS TPS 32, Martono, mengungkapkan, pemilih yang berhadir dalam pemilihan presiden-wakil presiden dan legislatif di Pemilu 2024 sebanyak 141 orang. Total keseluruhan DPT yang tercatat di TPS tersebut mencapai 180 orang.

“Yang tidak berhadir dalam pencoblosan di lokasi TPS ini sekitar 39 orang,” tuturnya.

Reporter : Riswan Surya, Editor : Nasrullah

Baca Juga