Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Politik
  4. »
  5. Rizki Niraz Anggraini Jauh Tinggalkan Petahana Syaiful Rasyid di Demokrat,…

Rizki Niraz Anggraini Jauh Tinggalkan Petahana Syaiful Rasyid di Demokrat, Said Hasan Mahdan Bayangi Suara Incumbent

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com – Rizki Niraz Anggraini, raup 20.402 suara. Ia meninggalkan jauh, Syaiful Rasyid sebagai incumbent dengan total perolehan sementara 9.142 suara, disusul pengusaha jamu terkenal, Said Hasan Machdan, yang mendulang suara 8.671. ketiganya adalah kader Partai Demokat.

Ketiganya sama-sama bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Selatan I meliputi Kabupaten Tabalong, Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), dan Tapin.

Dari hasil real count KPU, suara Rizki Niraz Anggaraini, sangat terlihat jomplang dengan dua petarung ini sesama Partai Demokrat. Rizki Niraz sebelumnya merupakan legislatif yang duduk di DPRD Provinsi Kalsel melalui Fraksi Persatuan Nurani Demokrat. Partai pengusungnya adalah Hanura dari Dapil 4 (HST, HSS, dan Tapin).

Sebelum ikut dalam kontestasi Pemilu 2024 di DPR RI, Rizki Niraz Anggraini, aktif sebagai anggota legislatif di Fraksi PND dan menjabat bendahara . Namun, sisa kurang setahun masa jabatannya di rumah banjar, dia mengundurkan diri karena ingin maju ke senayan dan meninggal Partai Hanura. Selanjutnya berlabuh ke Partai Demokrat.

Wanita kelahiran Banjarmasin 13 Oktober 1990 itu lalu digantikan Erna sesama Dapil 4 dikubu Partai Hanura yang notabenenya juga memengang suara terbanyak kala itu.

Sedangkan, Syaiful Rasyid yang juga petahana (incumbent) di gedung senayan (DPR RI) periode 2014 – 2024 melalui Partai Gerinda nomor urut 1 sempat mendulang kesuksesan suara dengan total perolehan 40.399 di Dapil Kalimantan Selatan I dan duduk di Komisi VIII lingkup tugas di bidang Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

BACA JUGA :  ZR Unggul Telak Hasil Perhitungan Cepat

Sebelum menjajaki naik di gedung senayan (DPR RI), trek rekor Syaiful Rasyid, juga pernah menjadi orang nomor 1 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) selama 2 periode alias Bupati HST sejak tahun 2000 – 2010. Pengusungnya dulu adalah Partai Bulan Bintang (PBB). Bahkan, dirinya dipercaya sebagai Ketua DPW PBB Kalsel sampai 2013 lalu.

Pria kelahiran Barabai, 2 November 1952 yang sekaligus ayah kandung dari Bupati HST, Aulia Oktafiandi, itu kemudian berpindah haluan meninggalkan partai Gerindra besutan, Prabowo Subianto, ke Partai Demokrat yang kini nahkodai, Agus Harimurti Yudhoyono, pada Pemilu Tahun 2024.

Pada Pileg DPR RI kali ini, Syaiful Rasyid, mendapat nomor urut 1. Tapi rupanya keberuntungan sementara masih dipegang Rizki Niraz Anggraini.

Disisi lain, calon legislatif (caleg) pendatang baru yang juga mencoba peruntungan di gedung DPR RI yakni Said Hasan Machdan. Ia merupakan pengusaha asli kelahiran Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Tahun 1977. Said juga saat ini menduduki posisi mentereng sebagai Direktur Utama (Dirut) dari generasi ketiga turun temurun di PT. Sarigading Pusaka Kalimantan.

Jika dilihat Said Hasan Machdan mendapatkan 8.671 suara, sementara Syaiful Rasyid meraup 9.142 suara. Artinya, tinggal 471 suara saja, Said Hasan, bisa menyaingi suara yang sama dengan sang mantan Bupati HST.

BACA JUGA :  Sudah 80 Persen, DPMPTSP Kabupaten Banjar Pastikan Hari Ini Reklame Kampanye Selesai

Dari ketiganya, siapakah yang bakal berperluang duduk di gedung Senayan?

Menilik kembali dari perolehan real count KPU, jelas Rizki Niraz Anggraini memimpin sementara untuk DPR RI dari Partai Demokrat total yang raup sementara mencapai 20.402 suara. Posisi kedua, dipegang petahana Syaiful Rasyid sebanyak 9.142 suara, dan ketiga adalah pendatang baru yaitu Said Hasan Machdan, 8.671 suara.

Disisi lain, calon legistif (caleg) di DPR RI yang berada diposisi teratas di antaranya, Bambang Heri Purnama (42.441 suara) petahanan Golkar, M Rifqinizamy Karsayuda (31.649 suara) kader NasDem, Habib Aboe Bakar (36.073 suara) petahanan PKS, Pangeran Khairul Saleh (23.683 suara) petahanan PAN, Syaifullah Tamliha (18.314 suara), M Rifoqi (12.443 suara) pendatang baru dari Gerindra, dan Berry Nahdian Forqan (11.460 suara) juga pendatang baru dari PDI-P.

Caleg di partai yang lainnya sementara juga masih berlomba-lomba untuk mengejar suara terbanyak agar dapat duduk dikursi DPR RI. Termasuk Partai Buruh, Gelora, Kebangkitan Nusantara, Hanura, Garuda, PBB, PSI, Perindo, dan terakhir Partai Ummat.

Hasil rekapitulasi sementara pukul 19.30, Sabtu (17/2/2024), dari total keseluruhan TPS 7.492 di Kalimantan Selatan I, progressnya sudah tercapai 3.443 (45.84%). Pemegang posisi tertinggi saat ini adalah Golkar dengan perolehan suara 90.833 (21,93%), kedua NasDem 64.257 (15,13%), ketiga PKS 47.471 (11,18%), dan keempat dipegang Demokrat 33.980 (8%) untuk DPR RI.

Diambil : berbagai sumber.
Reporter : Riswan Surya | Editor : Nasrullah

Baca Juga