Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. DPRD KALSEL
  4. »
  5. Kunker ke Dishub Jatim, Komisi III DPRD Kalsel Ingin Punya…

Kunker ke Dishub Jatim, Komisi III DPRD Kalsel Ingin Punya CTCC

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, JAKARTA – Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang membidangi perhubungan dan infrastruktur mengunjungi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Surabaya pada Jumat (23/2/2024). Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mempelajari dan membandingkan penanganan angkutan darat, khususnya armada Over Dimention dan Overload (ODOL).

Salah satu fasilitas yang menarik perhatian rombongan adalah Jatim Transportation Control Centre (CTCC), yang merupakan ruang pemantauan arus lalu lintas jalan raya secara real time. Melalui layar besar yang terhubung dengan kamera-kamera di sejumlah titik, aktivitas kendaraan dapat terlihat dengan jelas.

BACA JUGA :  Sosper Kebencanaan, Lutfi Saifuddin Berikan Edukasi ke Warga Batola dan Organisasi Kepemudaan

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Gusti Abidinsyah, mengaku terkesan dengan fasilitas tersebut. Ia berharap provinsi Kalsel juga dapat memiliki CTCC yang dapat memudahkan monitoring dan pengawasan angkutan darat, termasuk armada ODOL dan kejadian laka lantas.
Langsung
“Kami akan membawa masukan positif dari kunjungan ini dan mendorong Dishub Kalsel agar bisa merealisasikan CTCC di tahun 2025,” ujar Gusti Abidinsyah.

Ia menambahkan bahwa CTCC sangat bermanfaat untuk memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya dalam hal keselamatan dan kenyamanan berlalu lintas.

Sementara itu, Kadishub Jatim, yang diwakili oleh Kepala Bidang Angkutan Jalan, Ainur Rofiq, menyambut baik kunjungan Komisi III DPRD Kalsel. Ia mengatakan bahwa CTCC sudah dioperasikan oleh Dishub Jatim sejak dua tahun lalu, meskipun masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki.

BACA JUGA :  Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Sosialisasikan Perda 12/2017: Komitmen Kalsel Hadapi Bencana

Ia berharap kunjungan ini dapat menjadi motivasi bagi Dishub Kalsel untuk mengembangkan fasilitas serupa di daerahnya. Ia juga mengajak Dishub Kalsel untuk berkolaborasi dan berkomunikasi intens untuk pengembangan kedepan yang lebih baik.

Turut hadir dalam kunjungan kerja ini, beberapa anggota Komisi III DPRD Kalsel, yaitu Fahrin Nizar, Isra Ismail, Ardiansyah, dan perwakilan Dishub Kalsel.

Baca Juga