Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tips 'n Trik
  4. »
  5. Tips Jaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Tips Jaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam. Namun, bulan ini juga menuntut kita untuk menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, dari subuh hingga maghrib. Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, puasa juga bisa menimbulkan beberapa tantangan, seperti dehidrasi, kelelahan, dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita agar bisa berpuasa dengan lancar dan maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan:

  • Sahur yang seimbang. Sahur adalah makanan terakhir sebelum kita berpuasa, sehingga penting untuk memilih makanan yang bergizi dan mengenyangkan. Hindari makanan yang berlemak, berminyak, pedas, atau asam, karena bisa menyebabkan maag, asam lambung, atau perut kembung. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat, seperti nasi merah, roti gandum, telur, daging tanpa lemak, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Jangan lupa minum air putih yang cukup, setidaknya 2 liter sebelum subuh, untuk mencegah dehidrasi.
  • Buka puasa yang tepat. Buka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena bisa menikmati makanan dan minuman yang lezat setelah seharian menahan lapar dan haus. Namun, jangan tergoda untuk makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat, karena bisa merusak metabolisme tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan. Mulailah buka puasa dengan makanan yang ringan dan manis, seperti kurma, madu, atau jus buah, untuk mengembalikan energi dan gula darah. Selanjutnya, lanjutkan dengan makanan yang bergizi dan seimbang, seperti sup, sayur, daging, ikan, atau ayam. Hindari makanan yang digoreng, berbumbu, atau bersantan, karena bisa meningkatkan kolesterol dan tekanan darah. Jangan lupa minum air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas antara buka puasa dan sahur, untuk mengganti cairan yang hilang selama puasa.
  • Teratur berolahraga. Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, karena bisa membakar kalori, melancarkan peredaran darah, menguatkan otot, dan meningkatkan mood. Namun, olahraga saat puasa harus dilakukan dengan hati-hati, karena bisa menyebabkan dehidrasi, hipoglikemia, atau kelelahan. Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga, yaitu sebelum sahur, setelah buka puasa, atau sebelum tidur. Pilihlah jenis olahraga yang ringan sampai sedang, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, yoga, atau stretching. Hindari olahraga yang berat, seperti angkat beban, lari cepat, atau aerobik, karena bisa menguras energi dan cairan tubuh. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah olahraga, serta minum air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuh.
  • Istirahat yang cukup. Istirahat adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, karena bisa memulihkan stamina, memperbaiki sel-sel tubuh, dan mengurangi stres. Namun, istirahat saat puasa bisa terganggu oleh jadwal sholat, tarawih, sahur, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita perlu mengatur waktu tidur yang cukup, setidaknya 6-8 jam sehari, dengan membaginya menjadi tidur malam dan tidur siang. Usahakan untuk tidur sebelum jam 12 malam, karena waktu tersebut adalah waktu yang paling berkualitas untuk tidur. Jika perlu, tidur siang selama 15-30 menit di antara waktu dzuhur dan ashar, untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Hindari tidur terlalu lama atau terlalu dekat dengan waktu buka puasa atau sahur, karena bisa mengganggu pola tidur dan metabolisme tubuh.
  • Beribadah dengan khusyuk. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesempatan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah yang dilakukan dengan khusyuk dan ikhlas bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa, seperti meningkatkan keimanan, ketenangan, kebahagiaan, dan kesejahteraan. Oleh karena itu, kita perlu memanfaatkan waktu yang ada untuk beribadah dengan khusyuk, seperti sholat, membaca Al-Quran, berdzikir, berdoa, bersedekah, berpuasa, dan lain-lain. Jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita, dan memohon ampun atas dosa-dosa yang kita perbuat. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan kita kesehatan, keberkahan, dan keberhasilan di dunia dan akhirat. Aamiin.
BACA JUGA :  Jelang Berbuka Puasa Api Hanguskan Tiga Rumah di Kelayan B

Baca Juga