Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Diarak Keliling Kota, Kapuas Raih Piala Adipura ke-2

Diarak Keliling Kota, Kapuas Raih Piala Adipura ke-2

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Kuala Kapuas – Piala Adipura yang kedua kalinya di raih, diarak keliling Kota Kuala Kapuas pada Jumat (8/3/2024).

Menggunakan mobil bak terbuka, Piala Adipura diarak dan dibawa langsung oleh Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi didampingi Sekda Kapuas, Septedy bersama unsur Forkopimda.

Diikuti rombongan juga dari sejumlah kepala Perangkat Daerah, Dinas Lingkungan Hidup Kapuas, para petugas kebersihan dan lainnya.

Meski diiringi cuaca mendung dan sedikit gerimis, arak-arakan Piala Adipura berlangsung meriah dan penuh semangat mengitari Kota Kuala Kapuas.

Mengambil rute start di Stadion Panunjung Tarung Kota Kuala Kapuas, rombongan bergerak melewati Jalan Patih Rumbih – Tambun Bungai – Pemuda – Bundaran Besar – kembali ke Jalan Pemuda – simpang Tugu Adipura – Jalan Tjilik Riwut – Jalan Barito – Teratai – A Yani – kembali ke Jalan Tambun Bungai – Jalan Maluku dan Finish di Stadion Panunjung Tarung kembali.

BACA JUGA :  Lurah Selat Hulu Pimpin¬† Patroli Gabungan, Ajak Warga Jaga Kamtibmas

“Alhamdulillah hari ini kita sudah mengarak arak piala adipura keliling kota. Ini menyatakan, mengartikan bahwa Kapuas bahwa beberapa hari lalu mendapat penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil,” kata Erlin Hardi.

Menurut Erlin, penghargaan ini merupakan kebanggaan bersama, khususnya masyarakat Kabupaten Kapuas dengan adanya penghargaan Piala Adipura itu apa yang menjadi kerjasama bersama dengan pemerintah daerah, petugas kebersihan serta semuanya itu menghasilkan penghargaan.

“Dimana kita mampu untuk meraih piala adipura kedua kalinya, nah ini kita juga harapkan dengan adanya penghargaan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam memelihara lingkungan dan kebersihan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Caroline mengatakan, Kegiatan Adipura ini adalah penilaian untuk tahun 2023 peran pemerintah daerah dalam mengelola kebersihan dan mengelola lingkungan hidup, itu yang dinilai pemerintah pusat.

BACA JUGA :  Hadiri Penutupan KKN Kebangsaan 2022, Bupati Kapuas Ben Brahim Beri Apresiasi Mahasiswa KKN

“Jadi, sampai sejauh mana peran pemerintah daerah, masyarakat dan bidang usaha yang membantu menjaga kebersihan lingkungan hidup dan membantu kelestarian lingkungan hidup,” Kata Carolinae.

Adipura sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Program adipura adalah salah satu program yang dirancang oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu pemerintah daerah baik kota, kabupaten, maupun provinsi untuk meningkatkan kemampuan dalam hal pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya dalam rangka mencapai Tata Praja Lingkungan.

Kuala Kapuas sendiri meraih piala adipura pertamanya pada tahun 2017 lalu. Selang absen beberapa tahun akhirnya berhasil meraih kembali Piala Adipura penilaian tahun 2023 untuk kategori kota kecil.

Baca Juga