Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Bupati Balangan Bagikan Pengalaman Inovatif di Pelatihan PPKMK BPSDM

Bupati Balangan Bagikan Pengalaman Inovatif di Pelatihan PPKMK BPSDM

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Bupati Balangan, Abdul Hadi, menjadi Tenaga Pengajar pada Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Strategi Pengembangan Inovasi Daerah Berbasis Sektor Unggulan Wilayah Angkatan II Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen Kepemimpinan (PPKMK) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hadi membagikan praktik terbaik mengenai inovasi di Kabupaten Balangan. Prestasi Balangan yang meraih peringkat ke-20 Nasional Kabupaten Terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, menjadi pembahasan utama.

BACA JUGA :  Masyarakat Dayak Deah Gelar Festival Melatu Wini

Abdul Hadi menyampaikan bahwa Balangan merupakan kabupaten termuda di Kalimantan Selatan dan harus melakukan akselerasi di semua bidang untuk mengejar ketertinggalannya.

“Sebagai Kepala Daerah, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi daerah, baik di kalangan perangkat daerah maupun masyarakat,” ujar Abdul Hadi.

Dia juga mengungkapkan upaya pemerintah daerah dalam menumbuhkan budaya inovasi, termasuk memberikan reward bagi pemenang Lomba Inovasi Balangan (Bailang).

Pada sesi tanya jawab, peserta dari Kota Banjar, Jawa Barat, Nia Kania, menanyakan mengenai keberlangsungan inovasi Sanggam Babungas dan Sanggam Bakabun, mengingat pengalaman buruk terkait kredit macet di daerah tersebut.

BACA JUGA :  Antisipasi Kabut Asap, Balangan Gelar Apel Siaga

Abdul Hadi menjelaskan bahwa masyarakat Balangan cenderung enggan meminjam dana dari bank yang memberikan bunga, sehingga kredit tanpa bunga menjadi pilihan yang lebih diminati. Ini telah menghindarkan terjadinya kredit macet di daerah tersebut.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala PPKMK BPSDM Kemendagri, Budi Santosa, yang juga menjabat sebagai Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, serta Kepala Bapperida Kabupaten Balangan dan Tim Klinik Inovasi Balangan.

Baca Juga