Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Mengintip 13 Inovasi Terbaru BPBD Balangan dalam Penanganan Kebencanaan

Mengintip 13 Inovasi Terbaru BPBD Balangan dalam Penanganan Kebencanaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – BPBD Balangan telah menghasilkan sebanyak 13 inovasi sejak tahun 2022 hingga 2024. Pada tahun 2022, diluncurkan SI JARI TANGGOH (Sistem Jejaring Rescue Tanggap dan Kokoh) dan SISI LOKBANA (Sistem Siaga Logistik Korban Bencana).

Sementara itu, tahun 2023 melahirkan ADIS BPBD (Arsip Digital SKPD BPBD), SIDIK (Sistem Informasi dan Data Digital Kebencanaan), dan Si DALANG (Sistem Informasi dan Data Darurat Bencana Kabupaten Balangan).

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Secara Resmi Lepas 194 Calon Jemaah Haji

Pada tahun 2024, BPBD Balangan telah mendaftarkan 8 inovasi baru dalam penjaringan inovasi di Bapperida (Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah). Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi, Senin (19/2/2024) mengungkapkan beberapa di antaranya, seperti GERAK SANTANA (Giat Edukasi Ramah Anak Sekolah Tangguh dan Aman Bencana), WASIT KEBENARAN (Wanita Siaga, Tanggap, Kuat dan Edukatif Terhadap Bencana serta Kebakaran), SINAGA KRAMAT (Sistem Penanganan Kebakaran Rumah Masyarakat Tanggap dan Cepat), dan lainnya.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Lepas 10 Ribu Bibit Ikan Papuyu ke Sungai

Dua inovasi lainnya, yaitu SI JARI TANGGOH dan SISI LOKBANA, juga turut diikutsertakan dalam Bailang (Lomba Inovasi Balangan) tahun 2024.

H Rahmi berharap bahwa melalui inovasi-inovasi ini, BPBD Balangan dapat meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan program kegiatan serta mempercepat penanganan terkait kebencanaan.

“Inovasi-inovasi ini dirancang untuk mempercepat dan meningkatkan pelayanan terkait bencana, serta mendorong partisipasi masyarakat dan peningkatan daya saing daerah,” ungkapnya.

Baca Juga