Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. bappedalitbang
  4. »
  5. Menghadirkan Solusi: Bappedalitbang Kabupaten Banjar Berperan Sentral dalam RKPD 2025

Menghadirkan Solusi: Bappedalitbang Kabupaten Banjar Berperan Sentral dalam RKPD 2025

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BANJARBARU – Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2025 di Kabupaten Banjar menjadi momentum penting dalam merumuskan arah pembangunan. Bupati Banjar H. Saidi Mansyur menekankan pentingnya partisipasi semua pihak, termasuk masyarakat, dalam menjawab isu-isu strategis pembangunan.

“Saat membuka secara resmi Musrenbang RKPD Tahun 2025, saya mengajak semua pihak untuk aktif memberikan saran dan masukan terhadap prioritas pembangunan. Dengan demikian, rencana pembangunan kita dapat lebih relevan dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” ujar Bupati Mansyur.

Lebih lanjut, Bupati Mansyur menegaskan bahwa hasil Musrenbang RKPD harus menjadi panduan dalam menyusun program dan kegiatan pembangunan. Fokus utama adalah pada sektor-sektor kunci seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan lingkungan.

BACA JUGA :  Pantau Pembangunan, Bappedalitbang Banjar Laksanakan Simindalev

Menyikapi tantangan pembangunan, Bupati Banjar menyebut lima program prioritas pembangunan di tahun 2025, termasuk peningkatan ekonomi inklusif, peningkatan kualitas SDM, layanan infrastruktur dasar, tata kelola pemerintahan, dan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan bencana.

Bupati Mansyur juga mengapresiasi kontribusi semua pihak dalam penyusunan RKPD Tahun 2025. Ia menyadari bahwa pembangunan bukanlah hal yang mudah, namun dengan kerja sama, Kabupaten Banjar dapat menghadapi tantangan masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mansyur memberikan penghargaan kepada SKPD dan Kecamatan atas kinerja mereka di tahun 2023. Penghargaan CSR Award Kabupaten 2024 juga diberikan kepada PT. Banjar Bumi Persada, PT. United Tracktor Cabang Banjarmasin, dan PT. Tanjung Alam Jaya.

BACA JUGA :  Bappedalitbang Martapura Gelar FGD: Pembaruan Data Perencanaan Pembangunan Menyusul Kenaikan IPM Kabupaten Banjar

Selain kegiatan Musrenbang RKPD, diselenggarakan juga diskusi dengan narasumber terkait arah kebijakan Kabupaten Banjar dan kesiapan logistik IKN. Diskusi dipandu oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H. M. Hilman, Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan H. Ariadi Noor, Kepala Bappedalitbang Kab. Banjar Nashrullah Shadiq, S.Hut., M.Si, dan Wakil Ketua DPRD Banjar Ahmad Rizani Anshari.

Baca Juga