Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Hadiri Perayaan Dharma Santi Nyepi…

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Hadiri Perayaan Dharma Santi Nyepi di Kecamatan Basarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Caka 1946 di Kecamatan Basarang, Senin (22/4/2024) malam.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi mengatakan bahwa dalam rangka mengikuti Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Caka 1946 yang dilaksanakan hari ini di Kecamatan Basarang merupakan wadah untuk Simakrama (silaturahmi) dan saling maaf-memaafkan untuk keluarga, teman, sahabat dan antar sesama. Dimana kata Erlin Hardi, atas perilaku yang kurang baik yang dilakukan oleh kita melalui pikiran (Manacika) perkataan (Wacita) adanya atau perbuatan (Kayika) pada tahun 1946 yang telah dilewati bersama, baik disadari maupun tidak disadari.

BACA JUGA :  Pemkab Kembali Gelar Ibadah Bersama di Tahun 2024

“Dengan kesadaran yang tulus untuk mengakui kesalahan atau kekhilafan yang telah kita lakukan di tahun Caka 1946 maka kita akan dapat melakukan hal-hal yang lebih baik dimasa yang akan datang,” kata Erlin Hardi.

Pj Bupati menjelaskan bahwa kurang lebih satu bulan yang lalu tepatnya tanggal 11 Maret 2024 Umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepian, dan pada tanggal 12 Maret 2024 Umat Hindu telah melaksanakan Simakrama dengan keluarga, kerabat, teman atau tetangganya. Namun pada saat ini Simakrama kembali dilaksanakan secara umum untuk masyarakat di Kecamatan Basarang.

“Perayaan hari besar keagamaan seperti ini perlu dilaksanakan setiap tahun pada hari besar keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan kita untuk selalu berpedoman pada ajaran yang diyakini serta memupuk rasa toleransi, kesatuan dan persatuan antara Umat beragama. Mari kita tetap menjaga kerukunan agar terjaga kedamaian dan kebersamaan dalam kebhinekaan tunggal Ika yang ada baik kebhinekaan suku dan agama,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bupati Kapuas Tinjau Vaksinasi Massal 1,2 dan 3

Pj Bupati Kapuas menambahkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas memberikan dukungan untuk perayaan Hari besar Agama bagi pemeluk agama-agama yang ada di Kabupaten Kapuas dan salah satunya, bagi pelaksanaan Dharma Santi bagi Umat Hindu di basarang.

Baca Juga