Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. RSDI
  4. »
  5. Stok Darah di RSD Idaman Banjarbaru Aman Selama Ramadhan

Stok Darah di RSD Idaman Banjarbaru Aman Selama Ramadhan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman di Kota Banjarbaru memastikan bahwa stok darah selama bulan Ramadhan aman dan mencukupi. Kebutuhan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSD Idaman Banjarbaru berkisar antara 100 hingga 400 kantong per minggu.

Dr. Danny Indrawardhana, Direktur RSD Idaman Banjarbaru, menjelaskan bahwa rumah sakit ini memiliki layanan khusus untuk pasien Talasemia yang memerlukan donor darah secara rutin. Oleh karena itu, RSD Idaman Banjarbaru telah mengestimasikan kebutuhan darah yang diperlukan.

BACA JUGA :  RSD Idaman Bersiap Untuk Naik Grade

“Prinsipnya, layanan untuk pasien yang membutuhkan darah hingga saat ini masih tercukupi. Tidak ada pasien yang tidak terlayani, sehingga kebutuhan pasien, termasuk selama bulan puasa, dapat terpenuhi,” ungkapnya pada Kamis (4/4/24).

Untuk memenuhi kebutuhan stok darah, UTD RSD Idaman Banjarbaru menggunakan unit mobile yang mengunjungi sejumlah masjid setelah pelaksanaan tarawih untuk mencari pendonor.

“Dalam hal ini, Unit Transfusi Darah RSD Idaman Banjarbaru juga aktif dalam mencari pendonor. Namun, prinsipnya, pendonoran darah tidak dapat dilakukan saat berpuasa karena tubuh cenderung lemah. Namun, dari segi sosial, upaya ini tetap harus dilakukan,” tambahnya.

BACA JUGA :  200 ASN Banjarbaru di Vaksin di RSD Idaman

Dikatakan bahwa pendonoran darah sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa agar proses pemulihan tubuh setelah pengambilan darah segera dapat dilakukan.

Sementara itu, Rudy, seorang warga Kota Banjarbaru, mengungkapkan bahwa dia rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan membantu sesama manusia melalui PMI.

Baca Juga