Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Sejumlah Bacalon Bupati dan Wabup Mulai Ramaikan Pilkada 2024, Berikut…

Sejumlah Bacalon Bupati dan Wabup Mulai Ramaikan Pilkada 2024, Berikut Nama-namanya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Sejumlah politisi dari berbagai partai di Kabupaten Banjar sudah mendaftarkan diri menjadi bakal calon (bacalon) memperebutkan kursi kepala daerah.

Sejak dibukanya pendaftaran Pilkada 2024, ada sederet nama mencuat untuk ikut berkompetisi pada bursa pemilihan kepada daerah. Di antaranya, M Zaini dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Akhmad Zacky Hafizie, Syaifullah Tamliha dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Saidi Mansyur sang petahana yang mendaftarkan diri ke Partai NasDem.

Selanjutnya, seorang birokrat yakni Camat Aranio, Dedy Kurniadi dan Rizki Rifsiyanda ikut mendaftar sebagai bakal calon Wakil Bupati Banjar. Disusul, Heru Pribadi Jaya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasrul AR, dan Habib Farhan Husein. Dan masing-masing dari mereka sudah mengambil formulir pendaftaran sebagai bacalon.

Saat dikonfirmasi pada Senin (6/5/2024) sore, M Zaini selaku Ketua DPC PKB Kabupaten Banjar, membenarkan, kalau dirinya juga didorong langsung oleh PKB Pusat, melalui Ketua Umum, Muhaimin Iskandar alias dikenal sapaannya Cak Imin. Sejak PKB mengumumkan pembukaan penjaringan bakal calon kepala daerah pada Rabu (24/4/2024) kemarin, sudah tiga orang yang mendaftarkan diri untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

BACA JUGA :  IKM Kertak Hanyar Buat 1500 Masker Kain Sasirangan

“Saya sendiri didorong partai. Lalu Pribadi Heru Jaya, yang juga dari kader PKB. Ada Akhmad Zacky Hafizie dari PPP,” bebernya kepada awak media.

Kendati begitu, pihaknya tetap membuka penjaringan umum bakal calon (bacalon) kepala daerah (Pilkada) 2024. Akan tetapi, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki bacalon tersebut agar bisa diusung PKB.

“Yang harus dipenuhi, yakni sang calon harus punya kualitas, kapabilitas dan integritas yang cukup, serta yang tidak kalah penting punya elektabilitas,” kata dia yang juga duduk di DPRD Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Partai NasDem Kabupaten Banjar pada Minggu (5/5/2024) lalu, juga menerima Saidi Mansyur  dalam penjaringan calon kepala daerah untuk menjadi bakal calon Bupati Banjar. Meskipun kader, tak ada perlakukan istimewa. Sang petahana yang juga pembina DPD Partai NasDem Banjar harus tetap mengikuti prosedur dengan mendaftarkan dirinya sesuai mekanisme dan aturan berlaku.

BACA JUGA :  Mengheningkan Cipta 60 Detik Untuk Peringati Hari Pahlawan

“Benar, Saidi Mansyur sudah mengambil berkas dan mendaftar ke NasDem, Sabtu (4/5/2024) sebagai bakal calon bupati Banjar. Berharap Saidi akan mendapat rekomendasi lagi dari DPP NasDem,” ujar Ketua DPD NasDem Banjar, Akhmad Rizanie Anshari, yang juga Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Banjar.

Kendati demikian, dua partai ini masih memerlukan koalisi untuk melenggang pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pada Pileg lalu, hanya berhasil meraih lima kursi di DPRD Kabupaten Banjar, sedangkan, NasDem yang mendapat tujuh kursi juga harus tetap berkoalisi dengan partai lainnya guna memenuhi minimal sembilan kursi atau 20 persen syarat untuk mengusung pasangan calon.

Reporter : Riswan Surya
Editor      : Nashrullah

Baca Juga