Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Disporapar Kalsel
  4. »
  5. POPDA Kalsel 2024 di HSS Resmi Dibuka, Delapan Cabor Dipertandingkan

POPDA Kalsel 2024 di HSS Resmi Dibuka, Delapan Cabor Dipertandingkan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor (kanan-topi putih) didampingi Kadispora Kalsel yang juga Pj Bupati HSS, Hermansyah (kiri), saat opening ceremony POPDA Kalsel 2024, di Lapangan Lambung Mangkurat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Foto: Dispora Kalsel/Headline9.com)

Headline9.com, KANDANGAN – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, secara resmi membuka gelaran resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Tahun 2024, Senin (13/5/2024). Kali ini, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar tersebut.

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor atau sering akrab disapa Paman Birin ini mengatakan gelaran POPDA menjadi salah satu pilar pembinaan olahraga nasional yang digelar secara berjenjang. Mulai dari tingkat provinsi sampai tingkat nasional.

Lanjut orang nomor di Kalsel ini, mengatakan, perhelatan tersebut juga merupakan bagian dari upaya bersama untuk memajukan olahraga di Kalsel.

“Kompetisi berjenjang yang rutin diselenggarakan secara berkesinambungan serta tak lupa diberikan pembinaan cukup baik untuk para ahli merupakan sebuah keniscayaan jika kita ingin meraih prestasi yang terbaik di bidang olahraga,” ungkapnya.

Paman Birin mengungkapkan, melalui kompetisi (POPDA) yang diikuti pelajar se-Kalimantan Selatan tersebut juga diharapkan bisa menjadi wadah dalam menjaring bibit atlet potensial dan berprestasi.

BACA JUGA :  Upacara HBI 2019 dipusatkan di Kanim Banjarmasin

“Saya berharap para peserta yang ikut agar tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga ini untuk menunjukan skill terbaiknya. Lebih dari itu, harapan terbesar saya agar Popda ini tak hanya sampai di gelaran semata melainkan harus bisa menjadi tindak lanjut pembibitan serta pembinaan yang dilaksanakan secara konsisten,” ungkap dia dihadapan seluruh peserta yang berhadir dalam Popda 2024.

Opening ceremony ini juga dihadiri Pj Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Hermansyah, yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel. Lokasi pembukaan pun dihelat di Lapangan Lambung Mangkurat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Hermansyah, melaporkan POPDA 2024 ini diikuti kurang lebih 1.338 atlet, 266 pelatih dan 83 official serta memperebutkan sebanyak 206 medali.

“Ini merupakan kegiatan olahraga daerah yang sangat bermanfaat untuk menyiapkan bibit atlet muda banua yang nantinya akan dipersiapkan mewakili Provinsi Kalsel ke ajang (tingkat) Pra POPNAS,” paparnya.

BACA JUGA :  Tim Penilai Wasaka Award Provinsi Kalsel Tinjau Sanitasi Tanbu

Diketahui, penyelenggaraan POPDA dimulai pada 13 – 19 Mei 2024 dengan mempertandingkan delapan cabang olahraga (cabor). Di antaranya Bola Basket, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tinju dan Voli Indoor.

Adapun venue (tempat) pertandingan olahraga yang siap memperebutkan gelar juara umum kali ini di Bumi Rakat Mufakat tersebut. Antara lain :

  1. Bola Basket di lapangan bola basket Amandit Utama 2. Bulu Tangkis di gedung olahraga / GOS Aluh Idut
  2. Pencak Silat di Gedung Beladiri, Stadion Ganda
  3. Sepak Bola di Stadion 2 Desember
  4. Sepak Takraw di Gedung Sepak Takraw Bamban
  5. Tenis Lapangan di lapangan tenis Tumpang Talu
  6. Tinju di lapangan Tenis Antaludin
  7. Voli Indoor di lapangan voli indoor, Stadion Ganda. (Adv/dispora)

Reporter : Iwan
Editor : Nashrullah

Baca Juga