Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Pemkab Balangan Peringati Hut ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI…

Pemkab Balangan Peringati Hut ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Balangan, – Pemerintah Kabupaten Balangan melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke- 75 tahun Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV pertahanan Kalimantan tahun 2024 di Kabupaten Balangan, dengan mengusung tema “bergerak beimbaian gasan banua kita”, di Halaman Kantor Bupati Balangan, Paringin Selatan, Jumat (1/5/2024).

Bupati Balangan selaku Inspektor Upacara yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Akhmad Fauzi, dihadiri TNI/Polri, Kepala SKPD, dan para Pejabat lainnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, yang mana sambutannya dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Akhmad Fauzi dalam laporannya menyampaikan proklamasi 17 mei 1949 merupakan bagian dari sejarah Kalimantan, yang tidak akan lekang oleh zaman, tokoh-tokoh banua menunjukkan kegigihannya dalam mempertahankan posisi Kalimantan sebagai bagian dari NKRI. Para pejuang banua tidak pasrah dan berpangku tangan, atas hasil perjanjian linggarjati.

BACA JUGA :  Hj Megawati Ulpah Serahkan Bantuan Untuk Anak Tahfiz

Peringatan Hut proklamasi tentara ALRI menjadi momentum untuk mengingat aksi heroik dan pengorbanan para pendahulu kita. Mereka mengajarkan kita tentang semangat juang dan sikap pantang menyerah, dalam ruang gerak terbatas sekalipun. Kerjasama dan solidaritas yang dibingkai dalam ras cinta tanah air, menjadi kunci untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan sejati.

BACA JUGA :  DPPPA Kalsel dan Dinsos P3APMD Balangan Gelar Monev Pencegahan Perkawinan Anak

Melalui peringatan ini, Akhmad Fauzi mengajak Hadirin khususnya pemuda pemudi yang hadir untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dan mendoakannya agar para pahlawan mendapatkan tempat terbaik di sisinya. Raga boleh tiada, tetapi budi baik akan selalu dikenang oleh generasi ke generasi. Tanah Kalimantan menjadi saksi dari setiap tetesan darah para pejuang kemerdekaan.

Dan diharapkan kita dapat mengambil hikmah dari peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV (empat) pertahanan Kalimantan, ceritakan perjuangan mereka kepada anak dan cucu kelak. Karena sejatinya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.

Baca Juga