1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Gunakan Pakaian Adat, 4.000 Lebih Guru di HST Ramaikan Apel…

Gunakan Pakaian Adat, 4.000 Lebih Guru di HST Ramaikan Apel Puncak Hardiknas 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI– Ada hal yang menarik di perayaan puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Taman Dwi Warna Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (15/5/2024).

Peringatan ini sebagai tanda penghormatan kepada tokoh pendidikan Indonesia yang pada 2 Mei 1889 itu, menjadikan warna tersendiri bagi guru-guru di HST. Di mana, mereka mengenakan pakaian adat nusantara. Mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik sampai pejabat Pemkab HST dan Forkopimda.

Tak hanya itu, peserta apel juga diganjar apresiasi oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, terkhusus bagi guru dan dan tenaga kependidikan (GTK). Tak terkecuali, peserta didik dari berbagai satuan pendidikan se Kabupaten HST.

Total ada 78 orang penerima penghargaan GTK yang berprestasi. Mereka tercatat sebagai yang mengharumkan nama banua, Bumi Murakata. Rinciannya, ada sebanyak 23 guru dan siswa 55 orang berprestasi dan inovatif.

BACA JUGA :  Bupati HST Lepas Ratusan CHJ Asal Bumi Murakata

Wakil Bupati HST, H Mansyah Saberi, menyebut, tujuan dikenakannya pakaian adat nusantara itu agar para pendidik tidak hanya berpikir untuk HST semata tapi berpikir juga untuk Indonesia.

“Kita ini bagian dari nusantara, bagian dari NKRI. Harus berpikir NKRI,” tegas orang nomor dua di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ini.

Mansyah pun turut mengapresiasi para pendidik dan siswa di HST yang semakin hari semakin baik dalam mengejar prestasi.

“Melihat prestasi yang diraih tingkat nasional artinya pendidik di HST ini pintar-pintar (hebat, red),” ungkap Mansyah dengan bangga.

Kepala Dinas Pendidikan HST, HM Anhar mengatakan total guru yang ikut dalam upacara ini sebanyak 3.800 orang. Ditambah, para guru dari Kemenag HST sebanyak 900 orang.

BACA JUGA :  Bupati HST Berbaur Laksanakan Salat Jumat Bersama Warga Desa Lok Besar Digelaran Safari Jumat

“Jadi, totalnya kurang lebih 4.500 orang guru yang hadir dalam upacara peringatan Hardiknas 2024 hari ini” jelasnya kepada awak media.

Dia mengatakan momen Hardiknas 2024 juga diberikan penghargaan kepada 78 guru yang mendapatkan berprestasi. Rinciannya, ada 13 guru mendapat penghargaan tingkat nasional dan 42 orang guru berprestasi di tingkat provinsi.

“Sedangkan ditingkat siswa yang menerima penghargaan sebanyak 55 orang dan guru secara keseluruhan di HST sebanyak 23 orang,” papar Anhar.

Harapannya, dengan adanya pemberian penghargaan itu menjadi motivasi bagi para guru maupun siswa untuk terus meningkatkan semangat dalam mengabdi. (Adv/Prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga