Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Paman Birin Anugerahkan Penghargaan kepada SKPD atas Pelayanan Publik Prima

Paman Birin Anugerahkan Penghargaan kepada SKPD atas Pelayanan Publik Prima

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Paman Birin Apresiasi SKPD Pemprov, Pemkab/Pemko se-Kalsel atas Komitmen dan Dedikasi Peningkatan Pelayanan Publik
Biro Administrasi Pimpinan0115

Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Pelayanan Publik, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, pada Selasa (5/21) siang.

Didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah yang juga berhadir sebagai Plt. Kepala Biro Perekonomian, Paman Birin mengatakan bahwa kehadiran pada kegiatan ini menunjukkan komitmen dan dedikasi dalam peningkatan pelayanan publik.

“Kehadiran saudara-saudara mencerminkan komitmen dan dedikasi dalam meningkatkan pelayanan publik di Kalsel. Dimana hal ini adalah hal yang selalu diharapkan masyarakat, yaitu mendapatkan pelayanan yang terbaik,” sampai Paman Birin.

Lebih lanjut Paman Birin menyampaikan, bahwa pelayanan publik merupakan pondasi utama dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

“Oleh karena itu, reformasi birokrasi (RB) menjadi salah satu dari lima agenda prioritas pembangunan nasional yang menjadi fokus dari pemerintahan saat ini,” tambah Paman Birin.

Hal ini sendiri ujar Paman Birin sudah dijalankan oleh Pemprov Kalsel, dimana hal ini dibuktikan dengan diraihnya sejumlah penghargaan, khususnya di bidang tata kelola pemerintahan sepanjang Tahun 2023.

BACA JUGA :  Workshop Penyusunan Pidato Pimpinan Kalsel Diapresiasi Sekwapres RI

Diantaranya, Indeks BerAKHLAK Nilai Tertinggi se-Indonesia, Indeks BerAKHLAK Perbaikan Terbesar se-Indonesia, RB Tematik Terbaik se-Indonesia, SAKIP A, Zona Hijau Kepatuhan Pelayanan Publik, Indeks Pelayanan Publik SKPD Predikat Prima, Indeks RB Sangat Baik, Predikat Wajar Tanpa Pengecualian dan lain-lain.

Paman Birin mengatakan, seluruh pencapaian ini bisa terlaksana karena hasil kerjasama dan sinergi dengan seluruh pihak yang terkait.

“WTP sudah sebelas kali, SAKIP juga kembali berhasil meraih A. Ini bukti nyata bahwa Pemprov Kalsel tidak berjalan sendiri, tapi juga atas kerjasama yang baik dengan DPRD, Forkopimda dan unsur lainnya,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan bahwa hal yang sama juga selalu dan sering disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo tentang pembangunan negara dan daerah.

“Hal ini juga sering diamanahkan oleh Pak Presiden. Bahwa pembangunan sebuah negara, sebuah daerah akan melejit maju apabila terjadi sinergitas dan kolaborasi yang baik antara pemerintah. Tidak bisa kita mewujudkan kesejahteraan bersama, apabila berjalan sendiri-sendiri,” pesan Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan bahwa sudah menjadi komitmen Pemprov Kalsel untuk terus melaksanan reformasi birokrasi yang berkelanjutan, yang salah satunya dilaksanakan dengan pemberian apresiasi dan penghargaan.

BACA JUGA :  Media Siber Ujung Tombak Tangkal Hoax

Pada rapat koordinasi teknis ini, Paman Birin menyerahkan langsung sejumlah penghargaan yang diberikan kepada perangkat daerah lingkup pemprov Kalsel yang berhadir, dengan berbagai kategori :

  • Kategori Perangkat Daerah Pendukung Reformasi Birokrasi Provinsi Kalsel : Biro Perekonomian dengan Pengendalian Inflasi Terbaik, serta Biro Organisasi dengan Indeks BerAKHLAK Terbaik se-Indonesia.
  • Kategori Implementasi SAKIP Terbaik : Dinas Kehutanan dan Dinas Lingkungan Hidup.
  • Indeks BerAKHLAK Terbaik : Biro Perekonomian, Biro Organisasi serta Satpol PP dan Damkar.
  • Kategori Perangkat Daerah Pendukung Indeks Pelayanan Publik : RSUD Dr H M Ansari Saleh dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Selanjutnya, Paman Birin didampingi Acil Odah, juga menyerahkan penghargaan kepada pemkab/pemko dengan Indeks Reformasi Birokrasi Terbaik, Indeks BerAKHLAK Terbaik, Indeks Pelayanan Publik Terbaik dan Penerapan Mal Pelayanan Publik.

Diantaranya kepada Pemkab Tabalong, Pemkab HSU, Pemkab HST, Pemkab HSS, Pemko Banjarbaru, Pemkab Tanah Laut.

Usai penyerahan penghargaan, juga dilaksanakan penyerahan buku kaleidoskop reformasi birokrasi dari Kepala Biro Organisasi, Galuh Tantri Narindra, yang diterima oleh Paman Birin dan Acil Odah. (ran/adpim)

Baca Juga