Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Dprd Kota Banjarbaru
  4. »
  5. Sekretariat DPRD Banjarbaru Bersiap-siap untuk Pelantikan Anggota Baru Oktober 2024

Sekretariat DPRD Banjarbaru Bersiap-siap untuk Pelantikan Anggota Baru Oktober 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Sekretariat DPRD Kota Banjarbaru sedang mempersiapkan segala kelengkapan untuk pelantikan anggota dewan baru yang direncanakan pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Menurut Sekretaris Dewan, Hj Arnawaty Sufiatin, persiapan sudah dimulai terutama dalam hal sarana dan prasarana.

“Pada bulan lalu, kami sudah menerima Surat Keputusan dari KPU tentang penetapan komposisi jumlah anggota dewan di Kota Banjarbaru. Kami telah mengetahui komposisi partai-partai dan siapa saja anggotanya,” ujarnya saat ditemui di ruangannya pekan lalu.

Arna menjelaskan bahwa dalam periode 2024-2029, terdapat 13 anggota DPRD Kota Banjarbaru yang diganti, dengan komposisi yang berbeda-beda, yang akan membutuhkan penataan ulang.

BACA JUGA :  3 Raperda Banjarbaru dibahas di Awal Tahun

“Dengan adanya anggota baru ini, tentu akan ada penataan ulang. Salah satunya adalah penataan ulang perangkat di dewan, termasuk ruangan dan papan nama yang otomatis akan disesuaikan. Kami juga akan mempersiapkan administrasi terlebih dahulu,” tambahnya.

Arna juga menyampaikan, pelantikan anggota baru direncanakan pada tanggal 9 Oktober 2024, mengingat masa jabatan anggota lama berakhir pada tanggal 8 Oktober 2024.

“Pelantikan akan dilakukan setelah berakhirnya masa jabatan anggota lama, sesuai dengan mekanisme yang berlaku di provinsi,” katanya.

BACA JUGA :  DPRD Banjarbaru Bahas Tiga Raperda Usulan Pemko di Rapat Paripurna Perdana 2024

Untuk memastikan kelancaran transisi, Arna menyebutkan bahwa pihaknya sedang menyiapkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), ruangan fraksi, kursi anggota, dan perlengkapan lainnya.

“Kami akan memastikan semua persiapan sudah selesai saat kedatangan anggota baru, termasuk penyesuaian fraksi yang berubah sesuai dengan komposisi jumlah anggota per partai,” tegasnya.

Proses pelantikan anggota DPRD Kota Banjarbaru pada bulan Oktober nantinya akan dilakukan melalui sidang Paripurna DPRD Kota Banjarbaru, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga