Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Prioritas Hujan PAD, LPSB Tetap Sumbang Pemasukan untuk Daerah

Prioritas Hujan PAD, LPSB Tetap Sumbang Pemasukan untuk Daerah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Keberadaan UPT Lembaga Pengembangan Sertifikasi Batu Mulia (LPSB) di Kabupaten Banjar, selain untuk menjaga dari bentuk kecurangan dalam jual beli batu permata dan batu mulia, juga menjadi salah satu penyumbang pemasukan bagi pemerintah daerah.

Dikatakan Kepala Bidang Pengawasan Perdagangan dan Kemetrologian HJ Eni Hairany pada Senin (08/07) Hampir setiap tahun, LPSB tak pernah absen dalam berkontribusi memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pemerintah.

BACA JUGA :  Atasi Langkanya Tabung Gas, Disperindag Banjar Gelar Pasar Murah

“Tahun ini kita ditarget 240 juta, dan sekarang sudah tercapai 125 juta,” katanya.

Diketahui, setiap tahunnya UPT LPSB selalu mendapat penghargaan dari pemerintah daerah atas kontribusinya memberikan PAD selalu melampaui dari yang ditargetkan.

“Sebenarnya tidak diprioritaskan untuk PAD ini, karena fungsinya untuk menjaga kecurangan dalam berdagang permata dan batu mulia, tapi ternyata kita selalu dapat berkontribusi,” ujarnya.

Selian itu LPSB Kabupaten Banjar juga diuntungkan dengan adanya penambangan intan dan adanya pertokoan permata.

BACA JUGA :  Ketersediaan Stok Pangan Kalsel Masih Stabil

“Karena didaerah lain banyak LPSB yang tutup, karena tidak ada penambangan. Mereka kemarin membuka LPSB karena booming batu, pas batunya sudah turun maka banyak yang tutup,” ungkapnya.

Sementara, untuk peralatan, lanjut Hj Eni pihaknya selalu mengupdate, namun terkendala dengan tidak adanya perusahaan batu permata di Indonesia.

Penulis M Sairi

Baca Juga