Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Beras Lokal Gambut Segera Masuk Pasar Modern Setelah Dibuat Kemasan

Beras Lokal Gambut Segera Masuk Pasar Modern Setelah Dibuat Kemasan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – UPJA Berkat Bersama Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut di Sentra Pelayanan Pertanian Terpadu menerima bantuan untuk mengolah hasil panen menjadi beras kemasan. Beras lokal gambut dalam kemasan ini segera masuk ke pasar modern.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar HM Fachry dalam Syukuran Panen padi Masa Tanam Musim Kemarau 2019, Rilis Beras Kemasan, penyerahan alsintan, dan pengukuhan 133 kelompok tani. Lokasinya di Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T), Desa Guntung Ujung, Kecamatan Gambut, Selasa (30/7) siang.

BACA JUGA :  Anang Gober Diamankan Polisi Saat Nyabu di Kamar

“Telah ada MoU antara manajer UPJA dan pimpinan pasar modern. Saya yakin terus berkembang ke pasar lainnya,” tegasnya Fachry lagi.

Ditambahkan Fachry, masa panen padi selama September diperkirakan seluas 69.901 hektare. Estimasi produktivitas 34.39 kw/ha, perkiraan produksi tahun 2019 sebanyak 240.389 ton atau cenderung naik seberat 8.931 ton. Hal itu disebabkan meningkatkannya luas panen dan bertambahnya produktivitas areal pertanian.

BACA JUGA :  Disbudpar Kabupaten Banjar Turut Berpartisipasi Dalam Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul.

Bupati Banjar H Khalilurrahman berharap, terus berkembang usaha pertanian. Tujuan menjadikan salah satu agrobisnis dan agroindustri di Kabupaten Banjar sudah mulai berjalan. Ia minta, petani meningkatkan pola bertani. Tanam-petik-jual (gabahnya) adalah pola lama dan sangat usang. Cara modern adalah tanam-petik-olah (gabahnya)-jual berasnya.

Baca Juga