Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Babinsa Berperan Ikut Memajukan Sumberdaya Pertahanan Nasional

Babinsa Berperan Ikut Memajukan Sumberdaya Pertahanan Nasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Babinsa Kodim 1006/Martapura bersama dengan masyarakat dan elemen unsur pemerintah menjadi komponen utama dalam Sistem Pertahanan Semesta. Hal itu diungkapkan dalam Pemberdayaan Wilayah  atau Road Show Kesiapan Sumber Daya Pertahanan yang berlangsung di Guest house Sultan Sulaiman Martapura, Jumat ( 23/8/2019 ) siang.

Kolonel Leg Dewa Agung Ksubdit Matra Udara Ditsumdahan Kementerian Pertahanan RI mengatakan, road show menjadi cara memberikan informasi tentang tantangan era globalisasi yang semakin kompleks. Bertemu dan saling memberi masukan usaha mengatasi permasalahan kepada komponen cadangan.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Ikuti Secara Virtual Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Dewa agung memaparkan, pertahanan negara saat ini menghadapi ancaman multi dimensi. baik ideologi, ekonomi, politik, sosial dan budaya, maupun dimensi yang terkait dengan kejahatan internasional.

Di satu sisi, meskipun TNI sebagai komponen utama dalam pertahanan negara terus dilakukan penguatan-penguatan baik dari kualitas sumber daya personil maupun sarana dan prasarana alutista. Akan tetapi, tetap tidak sebanding dengan luasnya wilayah pertahanan dan tingginya jumlah penduduk Indonesia.

BACA JUGA :  Ketua TP PKK Banjar Hadiri Harlah IPPNU ke-66

Oleh sebab itu, salah satu upaya strategis adalah menata dan membangun serta mengelola sumber daya nasional khususnya sumber daya manusia sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung pertahanan negara.

Babinsa Koramil 1006-08/ Gambut Sersan Satu Kasno saat menghadiri Menuturkan  bahwa pertahanan negara tidak hanya menjadi tanggungjawab TNI dan Kementerian.

Baca Juga