Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tahukah Anda
  4. »
  5. Berhasil Ringkus Pembakar Lahan, Dandim Martapura Berikan Penghargaan kepada Anak…

Berhasil Ringkus Pembakar Lahan, Dandim Martapura Berikan Penghargaan kepada Anak Buahnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Anggota Satgas Pencegahan dan Pemadaman Bencana Asap Kodim Martapura menerima penghargaan. Petugas telah berhasil  menangkap seorang pelaku pembakaran hutan dan lahan. Dandim Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto sangat bangga terhadap keberanian anggota Koramil menangkap pelaku pembakaran hutan.

“Dua anggota Satgas Karhutla yang bertugas juga sebagai Babinsa Pelda Sopyan Koramil -07/BJB dan Serda Sujani Koramil-09/ Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.” Kata Siswo Budiarto.

Semula patroli terpadu dan sosialiasi terus dilakukan, dalam beberapa hari petugas  melihat dan menemukan orang yang mencurigakan masuk hutan menyusuri semak belukar. Pengakuan anggota, hingga dua jam lama kembali menyusuri lokasi yang sama. Kembali menyaksikan tersangka dengan barang buktinya usai membakar lahan.

BACA JUGA :  LPSB Disperindag Banjar Bertahan Ditengah Lesunya Bisnis Batu

“Pelaku harus dikejar dan sangat berbahaya. Insting sebagai anggota TNI tidak kenal takut dan menolong,” ujarnya.

Sedangkan Pelda Sopyan menerangkan, salaam tiga hari pihaknya  memantau aktivitas pelaku. Kejadian berawal pada 20 Agustus 2019 pukul 10.30 Wita. Lokasinya lahan kosong sekitar ukuran 25mx50m samping BLK kelurahan Sungai Ulin. Di situ ditangkap dua orang pembakar lahan kosong  bernama Sadik (47), seorang tukang dari Kompleks Cahaya Idaman Blok B No 48 RT 40 Kecamatan Cempaka dan Hendri (45) dari Pondok Kelapa Nomor 58 Kecamatan Loktabat Utara.WhatsApp Image 2019 08 21 at 12.40.34

BACA JUGA :  Operasi Besar-Besaran Tertibkan Jalan Pemurus dan Kertak Hanyar

Dandim mengatakan atas keberanian dan usaha anggotanya tersebut bertugas langsung diberikan penghargaan kehormatan. Siswo menuturkan keberhasilan anggotanya berkat informasi masyarakat yang selama ini sudah membantu pihaknya.

Kedua  orang tersangka itu terbagi dua wilayah kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. Saat ini para pelaku telah diamankan di polsek guna pemeriksaan lebih lanjut dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.”Kita tunggu hasinya karena yang berwenang pihak kepolisian,” terang perwira pangkat melati dua.

Baca Juga