Peringatai Hari AIDS/HIV Sedunia, Ini Yang Dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Sambut Hari AIDS Sedunia (HAS) yang ke-31 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar  bersama Komisi Penanggulangan AIDS menggelar sosialisasi dengan membagikan brosur tentang bahayanya  HIV/AIDS, Minggu (01/12/2019) di Lampu Merah Sekumpul, Martapura.

Dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kbupaten Banjar Ikhwansyah, mereka membagikan bingkisan kepada para pengendara yang melintas dijalan tersebut.

“Ini dalam rangka hari aids sedunia,  sosisalisasi bahwa penyakit HIV/ AIDS ini merupakan penyakit yang harus kita tuntaskan. Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar memeperhatiakn bagaimana tanda-tanda penyakit HIV/AIDS ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, M Habibi mengatakan, untuk 2018 kemarin  jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Banjar, yang terdeteksi mencapai 130 penderita, kemudian tahun 2019 mendapartkan 40 orang yang terdeteksi.

“Dengan semakin banyaknya kita mendapatkan penderita yang terdeteksi, maka semakin cepat juga kita melakukan eliminasi penyakit hiv ini khususnya di Kabupaten Banjar,” ujarnya

Dikatakan Habibi, mereka yang terdeteksi menderita HIV ini bisa hidup sehat dengan cara berobat secara teratur.

“Karena itu kita hari ini melakukan aksi simpatik, dan mensosialisaikan juga kepada masyarakat tentang waspada terhadap penyakit  HIV  ini. Dan yang paling penting, jauhi

Jauhi stigma dan diskriminasi kepada mereka yang menderita HIV,” tutupnya.

Penulis  M Sairi