Ribuan TNI-Polri Berjaga di Bandara Syamsudin Noor.

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo, ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, di Banjarbaru, Rabu (18/12/2019) Pagi ini, Ribuan personel TNI dan Polri disiagakan guna memberikan pengamanan bagi RI 1 dan rombongan ini.

Danrem 102 Antasari, yang juga Komandan Satgas Pengamanan Wilayah Kedatangan presiden, Kolonel Mohammad Syech Ismed mengatakan, pengamanan kedatangaan Presiden RI Joko Widodo di Kalsel ini menjadi prioritas pihaknya.

“Kami menyiapkan 1400 personel untuk mengamankan kedatangan RI 1, ” ujar Danrem 101 Korem Antasari Kolonel Infranteri Mohammad Syech Ismed.

Hal ini dikataknnya sesuai dengan protap yang berlaku untuk Presiden atau RI 1. Tentu ada prosedur yang harus dilaksanakan. Salah satunya, mensterilkan bandara.

Dia menjelaskan, selain penyiagaan personel, Pihaknya juga menurunkan beberapa kendaraan taktis, seperti mobil penjinak bom dari Brimob dan Kompi Penjinakan Bahan Peledak (Jihandak) Denzipur TNI AD.

Keamanan bandara dikatakannya penting mengingat selain Joko Widodo, juga nantinya akan ada beberapa Menteri yang turut hadir.

“Untuk yang di luar bandara, semua pengamanan kegiatan RI 1 yang jelas berada sekitar bandara. Sesuai dengan radius, sebelumnya juga telah berkoordinasi dengan paspampres guna memberi arahan kita semua untuk satgas pengamanan wilayah,” pungkas komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) kanwil itu.

Ia juga menegaskan, untuk aktifitas di Bandara Internasional Syamsudin Noor akan tetap berjalan normal seperti biasanya, Begitu juga dengan aktifitas penerbangan di Bandara ini.

“Hanya saja ada beberapa titik dan jam tertentu. Dimana nanti menjadi akan menjadi lokasi yang clear area,Tapi yang ow ring penerbangan dan penumpang tidak akan terganggu,” tutupnya.

Penulis  Putri.