Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. CPNS Yang Lolos Verifikasi Akan Ikuti Tahapan Berikutnya.

CPNS Yang Lolos Verifikasi Akan Ikuti Tahapan Berikutnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos verifikasi berkas akan segera mengikuti tahapan berikutnya yaitu tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

SKD CPNS ini akan berlangsung menggunakan komputer atau computer assisted test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).Menurut jadwal yang dikeluarkan BKN, SKD akan berlangsung pada 27 Januari-28 Februari 2020.

“Secara nasional memang dari hari ini dan untuk Banjarbaru dimulai 7- 8-9 Februari,”ujar Kepala Bidang Perencanaan dan Pembinaan Aparatur Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKKPP) Banjarbaru, Fathur Rahman saat ditemui di ruangannya, Senin (27/01/2020) pagi.

Dikataknnya, Banjarbaru termasuk salah satu kota yang bekerja sama dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel dalam pelaksanaan SKD CPNS kali ini.

Banjarmasin,Banjarbaru,Kabupaten, Banjar, Barito Kuala,dan Kabupaten Tapin kabupaten/kota tersebut akan melaksanakan SKD di Gedung Idham Chalid milik Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Sementara untuk yang tidak bekerja sama dengan provinsi dapat melaksanakan SKD masing-masing menggandeng BKN.

BACA JUGA :  Aditya Resmikan Panggung Sederhana Serbaguna SMPN 2 Banjarbaru

Fathur menyebutkan untuk SKD wilayah provinsi sendiri dimulai dari 2 hingga 5 Februari.

“Dimulai Tanggal 2 sampai 5 Februari yang melaksanakan SKD khusus provinsi. Lalu 5 hingga 7 itu kota madya Banjarmasin, 7 hingga 9 itu baru Banjarbaru. Setelah itu lanjut Kabupaten Banjar dan kabupaten lain sisanya,” jelasnya.

Adapun untuk sesi ujian SKD wilayah Banjarbaru, dikatakannya dimulai pada sesi ketiga dan keempat pada 7 Februari.

“Tanggal 7 itu ada 4 sesi, sesi pertama dan kedua kota Banjarmasin, sesi ketiga dan keempat kota Banjarbaru. Tanggal 8 Banjarbaru masih melanjutkan tes seleksi sebanyak 5 sesi, hingga tanggal 9 itu 2 sesi, untuk kriteria penilaian dalam tes SKD dikelola oleh BKN.”beber Fathur.

BACA JUGA :  125 Pejabat Fungsional Tertentu Dilantik

“Itu haknya BKN, kami panitia pelaksana itu hanya mengantarkan sampai ke ruangan tunggu. Setelah di ruang ujian itu hak BKN,”ucapnya.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 24 Tahun 2019, tiga tes akan diujikan dalam pelaksanaan SKD CPNS tahun ini.

Ketiganya yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Sebanyak 100 soal akan diujikan, terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK.

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh peserta tes CPNS agar datang satu jam sebelum pelaksanaan ujian.

“Karena kita akan mengadakan absensi dan kita menggunakana alat metal detaktor, Jadi diharap datang satu jam sebelumnya,”tutupnya.

Penulis:  Putri.

Baca Juga