Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Gerbang Batas Kota Dibangun Tahun Ini

Gerbang Batas Kota Dibangun Tahun Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar mengadakan sayembara desain kaligrafi tugu batas kota Kabupaten Banjar – Banjarbaru. Sayembara tersebut sudah berlangsung beberapa hari lalu. Sedangkan untuk desain tugu tersebut sudah ada dan siap dibangun.

Rencananya tugu batas kota tersebut akan dibangun di jalan A Yani kilometer 37, yang tepat menjadi perbatasan dua kota tersebut.  Rancangan tugu tersebut sudah bagus dan nantinya dilengkapi dengan kaligrafi.

Terkait sayembara kaligrafi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyiapkan hadiah puluhan juta untuk pemenang. Ini tertuang pada selebaran sayembara yang terpajang di sejumlah tempat.

Total hadiah sebesar Rp30 juta. Rinciannya, juara pertama berhak mendapat hadiah sebesar Rp15, juara kedua Rp10 juta, dan juara 3 sebesar Rp5 juta.

BACA JUGA :  ESQ Training di Kabupaten Banjar: Membangun Karakter Tangguh dalam Peringatan HUT KORPRI ke-52

Kepala Bidan Ciptakarya Dinas PUPR Banjar Irwan Jaya, mengatakan tahap pengumuman dan pendaftaran peserta sayembara telahh dilaksanakan pada 5–8 Maret 2020.

Berikutnya penyerahan karya oleh para peserta pada 8-18 Maret 2020. “Karya yang masuk akan dinilai tim juri dan pemenangnya akan diumumkan pada 25 Maret 2020,” kata Irwan Jaya kepada pers.

Peserta cukup melampirkan foto kopi KTP dan menandatangani surat pernyataan. “Surat pernyataan diunduh dengan cara scan barcode yang ada di selebaran,” ujarnya.

Ada beberapa kriteria khusus yang mesti dipenuhi peserta.  Di antaranya; tulisan kaligrafi merupakan penggalan ayat dalam Alquran dengan makna selaras dengan Kabupaten Banjar sebagai kota Serambi Mekkah. Khat dan pemilihan warna juga mesti sesuai desain Lam Jalallah pada pintu gerbang.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Serahkan Sertifikat dan Uang Pembinaan Pemenang Lomba Posbindo

Pejabat eselon III di Bumi Barakat ini menegaskan karya yang dinyatakan menang, sepenuhnya menjadi hak Pemkab Banjar. Selanjutnya akan digunakan pada desain gerbang selamat datang.

Beberapa waktu lalu Sekretaris Daerajh (Sekda) Banjar HM Hilman menuturkan sesuai arahan Bupati Banjar H Khalilurrahman, desain gerbang tersebut harus mengandung huruf Lam Jalalah.

Model desain gerbangnya telah ada. Jadi, yang disayembarakan yaitu kaligrafi pada bagian kiri, kanan, dan bagian atas gerbang.

Dikatakannya, bagian kaligrafi pada gerbang perbatasan kota harus berdasar ayat kitab suci Alquran. Maknanya berkaitan dengan Kota Martapura yang dikenal publik sebagai Kota Serambi Mekkah. Selain itu, khat kaligrafinya juga harus menarik dan sesuai konsep gerbang Lam Jalalah.

 

Baca Juga