Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. PJU Belum Merata,Disperkim Terus Menambah

PJU Belum Merata,Disperkim Terus Menambah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

MARTAPURA – Jumlah Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Banjar memang masih belum merata  sampai ke pelosok desa, namun dinas terkait terus berupaya untuk melakukan penambahan dan pemerataan pemasangan PJU.

Diungkapkan Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Banjar A Bayhaqie, untuk sementara ini PJU yang ada masih banyak terfokus di kawasan kota Martapura saja. Walaupun sedikit, PJU di kawasan pedesaan juga sudah terpasang.

Ada sekitar tiga ribu titik lampu PJU tersebar di Kabupaten Banjar. Namun khusus untuk PJU, baru sekitar 155 kilometer yang diberi PJU dari panjang jalan Pemkab yakni 784 kilometer.

BACA JUGA :  Mencurigakan, KTP Elektronik Dicetak Dobel, Berikut Hasil Penelusuran....

Sedangkan untuk pajak dari PJU, lanjut Bayhaqie yang didapatkan jumlahya cukup besar, sekitar Rp23 miliar. Sedangkan untuk pembayaran untuk PJU sekitar Rp11 miliar, hanya saja dari pendapatan Rp23 miliar itu, kembali ke dinas terkait sedikit.

Untuk PJU, saat ini Dinas Perkim sudah mengurangi penggunaan lampu filamin dan menggantinya dengan lampu LED yang lebih hemat energi.

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar Akan Mulai Pembelajaran Tatap Muka Usai Penuhi Dua Syarat

Beberapa titik yang masih belum mendapatkan PJU harapnya,  di tahun berikutnya dapat diterangi dengan pemasangan PJU baru.  “Kita usahakan di tahun berikutnya bisa ditambah untuk PJU,” tambahnya.

Sementara untuk Jalan A Yani yang merupakan kewenangan nasional jelasnya dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan.  (Ptr)

 

 

 

 

 

 

Baca Juga