Home » Paman Birin Hadiri Maulid Nabi di Ponpes Darussalam

Paman Birin Hadiri Maulid Nabi di Ponpes Darussalam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Pandemi Covid-19 membuat Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura, melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H secara virtual dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, di Ponpes Darussalam Martapura, Kamis (19/11) pagi.

Peringatan Maulid Nabi dihadiri Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Pimpinan Ponpes Tahfidz Darussalam KH. Wildan Salaman, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar KH. Muhammad Husein, para Habib, alim ulama serta tokoh masyarakat.

Sementara sisanya mengikuti secara virtual dipondok pesantren maupun majelis taklim alumni pondok pesantren yang berada di 13 Kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H di Ponpes Darussalam nampak hadir H Sahbirin Noor, atau yang lebih akrab disapa Paman Birin yang disambut langsung oleh pimpinan Ponpes Darussalam.

Sosok Paman Birin sendiri yang berada ditengah-tengah Pimpinan Ponpes dan para Alim Ulama pada peringatan Maulid tersebut, tak lain karena adanya ikatan keluarga dengan salah satu pimpinan Ponpes Darussalam Martapura.

Hal mengejutkan yang tidak diketahui banyak orang ini, diungkapkan langsung oleh Pimpinan Tahfizhul Qur’an Darussalam KH Wildan Salman.

“Paman Birin ini punya hubungan keluarga dengan Pimpinan Ponpes Darussalam keempat Syekh Abdul Kadir Hasan atau yang dikenal sebagai Guru Tuha. Sebab, nasabnya Paman Birin itu bin Abdussamad bin Arifin, dan Arifin adalah sepupu Guru Tuha,” jelas Guru Wildan, usai acara berakhir.

Kemudian Sahbirin juga ada ikatan dengan Syekh M Arsyad Al Banjari atau yang dikenal dengan Datuk Kalampayan. Hal tersebut karena pihak ibu dari Sahbirin merupakan Zuriat Datuk Kalampayan.

Ikatan keluarga tersebut menjadikan H Sahbirin Noor sebagai saudara dunia akhirat Guru Wildan. Tak hanya itu ia juga mendukung sepenuh hati atas majunya Sahbirin dalam Pilkada 2020.

Tak hanya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, ponpes Darussalam juga mengijazahkan Musalsal hadist seluruh keluarga besar Ponpes Darusallam.

“Dalam peringatan Maulid hari ini, kita juga mengijazahkan musalsal hadist pengingkat pertalian persaudaraan keluarga besar dan alumni Ponpes Darussalam, jadi semua keluarga besar Darussalam adalah saudara dunia akhirat termasuk Paman Birin,” ungkap Guru Wildan.

Baca Juga