LPTQ Kabupaten Banjar Gelar Training Center

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Guna mempersiapkan Kafilah MTQ Kabupaten Banjar yang nantinya mewakili Kabupaten Banjar di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Banjar melaksanakan Training Center (TC) bagi Kafilah di Hotel Aston Banua, Kecamatan Kertak Hanyar, Senin, (14/12/2020).

Kegiatan ini dibuka Bupati Banjar H Khalilurrahman, hadir Ketua LPTQ Banjar H Masruri, Kepala Kemenag Kabupaten Banjar Najwan Noor, perwakilan dari LPTQ dan Kemenag Banjar, Camat Kertak Hanyar dan peserta Training.

Dalam laporannya, Ketua LPTQ Banjar H Masruri mengatakan maksud dan tujuan kegiatan adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan Qari dan Qoriah, serta meningkatkan prestasi kafilah Kabupaten Banjar dalam mengikuti MTQ ke-33 tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tanah Bumbu, April 2021.

“Pada hari ini tanggal 14 sampai 17 Desember 2020 selama 4 hari, kita melaksanakan Training Center bagi Kafilah Kabupaten Banjar, yang akan bertanding di MTQ ke-33 di Tanah Bumbu, dengan metode simulasi Musabaqah di seluruh cabang lomba MTQ” jelas Masruri.

Masruri menambahkan, ada 8 cabang lomba yang diikuti yakni Tilawah, Qiroat, Tahfidz, Tafsir, Fahmil Quran, Syahril Quran, Khattil Quran dan Makalah Ilmiah Al Quran.

Bupati Banjar menyampaikan pada sambutannya menargertkan Kafilah Kabupaten Banjar dalam MTQ di Tanah Bumbu nanti, minimal dalam satu cabang ada yang juara, tentu ini meningkatkan prestasi dari Kafilah selama ini dalam pelaksanaan MTQ sebelumnya.

“Untuk para peserta training ini, saya berpesan, supaya mengikuti dengan baik pelaksanaan Training, dan belajar bersungguh sungguh menuju keberhasilan Kafilah di MTQ Tanah Bumbu nanti,” pesan Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar H Khalilurrahman tersebut.

Training Center Kafilah Kabupaten Banjar dalam persiapan ke MTQ ke 33 di Tanah Bumbu pada bulan April 2021, dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 17 Desember 2020 yang diikuti sebanyak 47 peserta.

Pada kesempatan itu Bupti Banjar juga menyerahkan bonus hadiah kepada kafilah yang berprestasi pada MTQ tingkat Nasional XXVIII di Padang, Sumatra Barat Tahun 2020.