Jelang Nataru Bandara Syamsudin Noor Siapkan Posko Terpadu

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, menyiapkan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Bertempat di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor.Posko Nataru ini, mulai dibuka sejak hari ini, Jumat (18/12/2020) siang.

Rencananya, posko akan berdiri hingga 4 Januari 2021. Posko ini merupakan kolaborasi gabungan dari Manajemen PT Angkasa Pura I, TNI, Polri, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas bandara lainnya.

“Kami harap melalui kolaborasi ini, pelayanan kepada penumpang yang akan merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di kampung halamannya, sampai dengan arus balik dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ucap General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Amiruddin Florensius.

Selama periode Nataru ini, Manajemen Angkasa Pura I melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, fasilitas layanan, kesiapan personel operasional, hingga antisipasi keselamatan, keadaan darurat, accident dan force majeur.

Selain itu akunya, Bandara Internasional Syamsudin Noor terus menerapkan protokol kesehatan di area bandara, karena memang masa pandemi belum berakhir. Protokol kesehatan berupa pembersihan fasilitas pelayanan serta keamanan terminal menggunakan desinfectantsecara berkala, penerapan physical distancing di area terminal, penyediaan handsanitizer, pemberlakuan pengukuran suhu tubuh, penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) dari personel, dan announcement protokol kesehatan di gedung terminal secara berkala.

Manajemen Angkasa Pura I juga bersiap dengan peningkatan arus penumpang pada Nataru. Yakni dengan melakukan contingency plan, untuk mengantisipasi permasalahan atau kondisi yang tidak normal selama periode libur bersama.

Libur akhir tahun ini, diprediksi puncak arus keberangkatan terjadi pada hari Rabu (23/12/2020) sebanyak 6.311 penumpang. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Senin (03/01/2021) atau H+3 Tahun Baru dengan 4.576 penumpang.

“Melalui Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru ini, kami bersinergi dengan pihak-pihak terkait dan bersiap dengan antisipasi kondisi yang tidak normal untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa bandar udara”, tutup Amir.