Rakor DED Penataan Kawasan Wisata Religi Sekumpul Martapura

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Rapat Koordinasi (Rakor) Finalisasi Detail Engineering Design (DED) Penataan Kawasan Wisata Religi Sekumpul Martapura, di Hotel Q Dafam Banjarbaru, Jumat (18/12/2020) pagi.

Rakor dihadiri Sekda Banjar HM Hilman, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalsel Dardjat Widjunarso, dan Tim Konsultan Kementerian PUPR. Rakor ini juga dihadiri secara virtual conference oleh para tamu undangan.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalsel Dardjat Widjunarso dalam sambutannya memaparkan bahwa rapat koordinasi finalisasi DED ini kembali menjaring kembali masukan-masukan dari pihak-pihak terkait mengenai Penataan Wisata Religi Sekumpul.

“Kita berharap koordinasi ini dapat memberikan kembali masukan dari perencanaan, baik dari para tokoh masyarakat dan pihak terkait agar pada pelaksanaan berjalan dengan hasil yang baik,” ungkapnya.

Kasubdit Wilayah I Direktorat PKP Airin secara virtual menjelaskan hal-hal yang akan didiskusikan mengenai proses kesiapan lahan, Amdalalin (Analisa Dampak Lalu Lintas)

“Koordinasi dengan Stake Holder lain seperti PLN, Telkom, PDAM, Masyarakat serta Alim Ulama dan dinas-dinas terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Banjar HM Hilman dalam arahannya mengatakan untuk kesiapan pembebasan lahan akan disiapkan pemerintah daerah beserta dokumen pendukung seperti sertifikat, serta ada pemindahan 50 makam yang akan dipindahkan ke tungkaran.

“Juga ada 19 rumah yang berada di jalur hijau yang harus dibebaskan, masyarakat pada prinsipnya setuju dengan pembebasan lahan tersebut tapi perlu waktu untuk pengumpulan dokumen kepemilikan tanah,” ujar Sekda.

Adapun terkait untuk Amdalalin, Hilman menyampikan akan disiapkan melalui Dinas Perhubungan.

“Intinya Pemerintah Kabupaten Banjar siap mendukung penataan kawasan Wisata Religi Sekumpul,” ucap Sekda Banjar.

Selain itu, Tim Konsultan Kementerian PUPR Taufik menjelaskan bahwa penataan kawasan Sekumpul masih berproses dalam DED perencanaan pembangunan segmen I yang berfokus di 425 meter sepanjang Jalan Sekumpul dan pada kiri arah irigasi sekumpul di Ruang Terbuka Hijau (RTH) sepanjang 300 meter dan akan dibuat 2 gerbang di kawasan Sekumpul,

“Adapun pembangunan segmen 2 dan 3 terkait pembebasan lahan,” jelasnya.