9 Sekolah di Kabupaten Banjar Menerima Penghargaan Adiwiyata Provinsi

HEADLINE9.COM, MARTAPURA -Kabupaten Banjar melalui Dinas Lingkungan Hidup menerima penghargaan Adiwiyata Provinsi Kalimantan Selatan 2020 yang diserahkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, bertempat di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Senin (22/12) pagi.

Dalam penilaian Provinsi 2020 ada 9 sekolah lolos, yakni SDN Tambak Anyar, SMPN 1 Pengaron, SMPN 1 Sungai Pinang, SMPN 2 Sungai Tabuk, SMPN 2 Kertak Hanyar, SMPN 3 Aranio, SMPN 7 Karang Intan, SMAN 1 Karang Intan, dan SMAN 2 Martapura.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Boyke W Triestiyanto mengatakan walaupun dengan kondisi Covid-19 tim adiwiyata Kabupaten Banjar tidak surut dalam mengajak sekolah-sekolah melaksanakan adiwiyata Provinsi 2020.

“Walaupun ada beberapa aspek yang menjadi kendala kami untuk program seleksi adiwiyata sekolah 2020 tidak mengecilkan semangat kami,”katanya.

Boyke menjelaskan ada beberapa kendala saat pandemi Covid-19, dikarenakan sekolah saat pandemi diliburkan membuat tidak adanya murid kemudian guru-guru dibatasi dengan tempo waktu yang bergantian, kemudian kami tetap menyiapkan adiwyata di bidang persampahan, penanaman baik tanaman hias dan tahunan, cara mengelola air di saat pandemi dan penggunaan listrik seminimal mungkin.

“Setelahnya baru kita masukan ke dalam sebuah aplikasi dengan pembuktian foto-foto walaupun saat covid-19,” ujarnya

Boyke berharap sekolah-sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata, semakin semangat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan menerapkan kepada masyarakat sekitar lingkungan sekolah bahwa pentingnya peduli terhadap lingkungan.

“Semoga setelah ini banyak sekolah yang bisa mengikuti adiwiyata setelah melihat contoh sekolah yang mendapatkan penghargaan,” tukasnya