Bupati Banjar Berikan Bantuan untuk Korban Banjir

Headline9.com MARTAPURA– Bupati Banjar H Khalilurrahman tinjau dan berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir, di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/01/2021) sore.

Bantuan yang diberikan berupa sembako, diantaranya beras, mie instan, telur dan lain sebagainya.

Batuan diserahkan Bupati Banjar H Khalilurrahman kepada Camat Martapura Ramli. Selanjutnya bupati yang akrab disapa Guru Kholil ini menjenguk warga para pengungsi korban banjir di Aula Kecamatan Martapura Kota.

Sejak beberapa hari terakhir sejumlah kawasan di Kabupaten Banjar digenangi air hingga merendam rumah warga. Evakuasi warga terdampak banjir telah dilakukan pemerintah dibantu aparat Polres Banjar dan Kodim 1006 Martapura.

Bantuan logistik dari pemerintah juga telah disalurkan ke tempat-tempat pengungsian dengan mendirikan dapur umum. “Kepada para petugas untuk tetap semangat dan ikhlas dalam membantu dan melayani warga kita yang kebanjiran,” ujar Bupati.

Usai meninjau dapur umum dan pengungsi banjir di Kecamatan Martapura, bupati lantas mendatangi kawasan Desa Kampung Melayu dan Desa Pekauman di Kecamatan Martapura Timur yang juga terendam banjir.

Di sini H Khalilurrahman juga menyerahkan Kemudian bantuan logistik bahan makanan yang diterima oleh Plt Camat Martapura Timur Guslan. Didampingi sejumlah pejabat yakni Sekda Banjar H.M Hilman, Kadinsos Banjar H.Ahmadi, Kalak BPBD Banjar H.Irwan Kumar dan Kadis DKISP Banjar H.M Aidil Basith, bupati meninjau rumah warga yang terendam banjir.

Kepada masyarakat khusunya yang berada di bantaran sungai diminta untuk senantiasa waspada akan potensi banjir. “Masyarakat yang terdampak Banjir diimbau untuk  memanfaatkan fasilitas kebencanaan seperti dapur umum dan tempat pengungsian yang telah disediakan,” imbau bupati.

Beliau juga mengingatkan agar waspada terhadap aliran listrik, agar tidak ada korban yang tersengat listrik.

Seluruh warga yang berkendara agar berhati-hati melintas, karena jalanan licin dan sebisa mungkin menghindari jalan yang berpotensi banjir dan longsor.

“Kami berupaya semua stakeholder terkait di jajaran Pemerintah Kabupaten Banjar akan kami kerahkan, untuk membantu meringankan duka akibat musibah bencana ini dengan menyediakan dapur-dapur umum dan tempat pengungsian yang layak,” ujarnya.

Bupati juga berpesan saling bantu dan saling bahu membahu dalam tanggap darurat pasca bencana banjir.Mari saling memberikan informasi dan diharapkan partisipasi warga untuk dapat menyampaikan laporan apapun juga tentang dampak bencana banjir kepada posko tanggap darurat bencana terdekat dan mencegah terjadinya Hoax atau informasi palsu yang beredar di masyarakat.

“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya juga merasa turut berduka dan prihatin dan berdoa semoga kita tetap sabar dan tabah menerima cobaan Allah ini,” imbuh bupati. (MC Banjar)