Mahasiswa UMM Edukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Maga Kesehatan Diri

0 Shares

BATULICIN – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMM) “Bhaktiku Negeri” dengan memberikan pendampingan kepada masyarakat Desa Sumber Wangi, Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan terkait Psikoedukasi Kesadaran pentingnya menjaga Kesehatan Diri pada 21 Desember 2020 lalu.

Dalam kegiatan ini, diawali dengan pengenalan dan penjelasan mengenai apa itu kesahatan diri dan bagaimana menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Psikoedukasi kedua ini merupakan materi tentang bagaimana kesehatan diri yang seharusnya dilakukan. Antusias anak-anak TPQ Sumber Wangi sangat meriah, ada 69 anak yang ikut hadir pada kegiatan tersebut. Selain itu juga dihadiri oleh guru-guru sebagai pendamping.

Materi yang disampaikan berupa gambaran umum apa itu kebersihan diri, dan mengapa hal ini sangat penting, beberapa tips menjaga kebersihan diri dan susunan makan dengan 4 gizi sehat 5 sempurna.

Selain itu juga diadakan demo cara mencuci tangan dan menyikat gigi dengan benar kepada anak-anak TPQ Desa Sumber Wangi. Dengan materi-materi yang disampaikan tersebut, kami juga mengangkat bagaimana agar teteap sehat dan ceria walaupun pandemi ada disekitar kita.

Kegiatan PMM merupakan kegiatan pengabdian dari mahasiswa untuk masyarakat yang dikelola oleh Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM).

Program yang digagas oleh Kelompok 15 Gelombang 13 ini digagas oleh mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi UMM yang dikoordinatori oleh Nor Masitah dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nur Hayatin, S.ST., M.Kom.

Adapun team dari kelompok 15 terdiri dari : Muhammad Firman Hari Prabowo, Adamayora, Kirana Dyah Yogasafitri, dan Mareta Ninda Shafyra yang mana mereka merupakan mahasiswa aktif Psikologi UMM.

Sesuai dengan keilmuan team, yaitu Psikologi, program yang diusung adalah Psikoedukasi, bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan cara psikologi pada anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) terkait kesehatan diri dan bagaimana menjaga kesehatan tubuh.

Kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar,masyarakat antusias terutama anak-anak desa Sumber Wangi.

Kegiatan Psikoedukasi telah mampu memberi kesadaran warga akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.(WN)

0 Shares

Terbaru

Banjir Kalsel, Jokowi Temui Pengungsi di Stadion Demang Lehman

MARTAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan tiba di posko pengungsian di Stadion Demang Lehman sekitar pukul 15.30 Wita, Senin (18/1/2021). Kedatangan Jokowi...

Awal 2021 Perusda Tanbu Punya Gebrakan Baru Untuk Kembangkan Semua Sektor.

BATULICIN Headline9.com- Perusahaan Daeah (Perusda) Tanah Bumbu diawal memiliki gebrakan baru berbagai program kerja baru sebagai upaya mendukung program pemerintah daerah untuk percepatan pemulihan...

Darmawan Tinjau Posko Pengungsian dan Dapur Umum

headline9.com, BANJARBARU - Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan meninjau 3 posko pengungsian dan dapur umum. Seperti Posko Gor samping Masjid Kanzul Khairat, posko...

Mendarat di Kalsel, Jokowi Lansung Tinjau Banjir di Desa Mekar Kabupaten Banjar

Headline9.com, MARTAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam meninjau bencana banjir yang melanda Kalsel dalam sepekan yang merendam 10 Kabupaten/Kota,...

Artikel Terkait

%d blogger menyukai ini: