Said Abdullah Pimpin Rapat Rencana Penutupan Pasar

headline9.comm, BANJARBARU – Plh Wali Kota Banjarbaru H Said Abdullah, memimpin langsung Rapat Relokasi dan Rencana Penutupan Pasar Bauntung. Bertempat di Ruang Tamu Utama Wali Kota Banjarbaru.

Plh Wali Kota Banjarbaru H Said Abdullah, menyampaikan kondisi Pasar Bauntung yang lama terlihat sangat kumuh, dan pasar tradisional ini masih kalah bersaing dengan pasar modern. Sehingga kami berupaya merelokasi pasar tradisional ini agar dapat bersaing dengan pasar modern yang ada, dan kemarin pada tanggal 16 Februari 2021 telah dilaksanakan Soft Opening Pasar Bauntung Banjarbaru di jalan RO Ulin Banjarbaru.

H Said Abdullah berharap dengan adanya pasar yang baru ini, tidak ada lagi yang namanya ketidakjelasan kepemilikan toko. Pedagang yang sudah melakukan pendaftaran ulang pada relokasi tahap pertama sebanyak 245 pedagang, yang sudah menutup tokonya di pasar yang lama dan pindah ke pasar yang baru. Dan pedagang yang melakukan pendaftaran ulang pada tahap relokasi kedua diharapkan agar segera menutup dan memindahkan tempat berjualannya ke pasar yang baru selambat-lambatnya pada hari Kamis, 25 Februari 2021.

Kami juga mengharapkan dengan pembangunan pasar yang baru ini, jalan yang semula di pakai untuk berjualan itu benar-benar berfungsi kembali sebagai jalan, bukan digunakan sebagai tempat berjualan bagi para Pedagang Kaki Lima.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Drs Abdul Basid menyampaikan bahwa fokus yang dilakukan Dinas Perdagangan adalah mengelola 609 buah bangunan yang berada di pasar bauntung yang lama, dan diusahakan kepada para pedagang, maksimal mereka harus menutup dan memindahkan tempat berjualannya pada hari kamis tanggal 25 Februari ini. Kendala dalam membantu pemindahan barang dagangan para pedagang adalah banyak para Pedagang Kaki Lima yang menutup jalan untuk masuk mobil ke pasar sehingga itu memperlambat pengangkutan barang para pedagang ke pasar yang baru dan kami harus menunggu siang dulu baru bisa masuk dan melanjutkan pengangkutan barang-barang para pedagang.

Selanjutnya, Kapolres Banjarbaru AKBP Dony Hadi menyampaikan bahwa di pasar yang lama juga dilakukan pengumuman yang bertujuan untuk mengingatkan kepada pedagang dan pembeli agar segera merelokasi tempat jual belinya ke pasar yang baru. Dan bagi pedanggang yang tidak memiliki tempat akan direlokasi di beberapa pasar yang ada di Banjarbaru. Sehingga mereka tidak bingung lagi mencari tempat untukl berjualan. Dony Hadi juga menyampaikan jika mobil dinas yang digunakan untuk mengangkut barang para pedagang disarankan juga agar menggunakan mobil-mobil sewa dan juga menentukan jumlah yang diangkut per mobilnya.

Dandim 1006/Martapura Letkol Inf Imam Muchtarom menyarankan agar mempertegas pemindahan dan juga kami menyarankan agar menambah angkutan umum di pasar yang baru agar memudahkan kepada para pejalan kaki. Kami juga siap membantu dalam melakukan penegasan tersebut, Jalan akses ke pasar lama ditutup kecuali untuk orang yang bermukim disana. Pasar lama saya menyarankan untuk menutup dengan seng agar tidak ada pembeli dan penjual disana.

Dari Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru Andri Irawan menyampaikan bagaimana cara kita mengatur para pedagang ditempat yang baru, Saya menyarankan harus ada perjanjian antara pedagang dengan Pemerintah Kota Banjarbaru dan di dalam perjanjian tersebut terdapat hak dan kewajiban, dan batasan-batasan tertentu dan juga saya menyarankan agar memutuskan Listrik dan Air di lokasi pasar yang lama tersebut

Perwakilan dari anggota DPRD Kota Banjarbaru H Syamsuri menyampaikan bahwa kami berharap agar pemindahan pasar ini berjalan dengan baik, supaya pasar yang baru ini tidak menjadi sia-sia kedepannya. Selain dari pemindahan pedagang pasar bauntung yang lama kita juga harus memikirkan para pedagang pasar subuh, karena mereka kemungkinan akan melakukan demo jika mereka tidak ada tempat saat di relokasi, lebih baik disiapkan tempat para pedagang pasar subuh ini nantinya. Dan juga saya memohon kepada semua pihak agar berkoordinasi dalam mendukung pemindahan pasar ini dapat berjalan dengan baik.

TERBARU

TNI AL – Lanal Banjarmasin Jalani Hari Kelima Gelar Serbuan Vaksinasi di Sungai Tabuk...

0
HEADLINE9.COM, BANJARMASIN - Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalsel, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin terus menerus menggelar program Serbuan...

KPM PKH Banjarbaru Mulai Terima Bantuan Sejak PPKM Diberlakukan

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Bantuan beras 10 kilogram dari Pemerintah sebagai dampak dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. Adapun jumlah bantuan...

Bappedalitbang Jaring Inovasi SKPD Banjar

0
HEADLINE9. COM, MARTAPURA – Bappeda Litbang Kabupaten Banjar tengah melakukan penjaringan inovasi yang dilakukan oleh setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup...

Kabupaten Banjar Siapkan Kemungkinan PPKM

0
HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar menyiapkan kemungkinan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini mengemuka dalam rapat koordinasi mingguan yang...

Penyekatan Ditiadakan Hanya Ada Pemeriksaan Surat Menyurat

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Kota Banjarbaru nampak seperti hari hari biasanya, Senin (26/7).

TAG TERKAIT