Pacu Produksi Padi, Bupati Balangan Bantu Alsintan

Headline9.com, BALANGAN – Untuk meningkatkan produksi padi, Bupati Balangan H Abdul Hadi, menyerahkan Alsintan kepada para petani di Desa Juai Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, pada Senin (15/3).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan saat acara panen perdana padi unggul yang bertemakan Petani Maju, Petani Sejahtera.

Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Desa Juai, Nur Akhmad, mengatakan Desa Juai miliki lahan pertanian sekitar 60 Hektar. Tiap hektare lahan tersebut menghasilkan sekitar 7,6 ton padi.

Nur Akhmad bersyukur atas kedatangan Bupati Balangan ke lokasi budidaya pertanian yang mereka kembangkan. Pasalnya, pada kesempatan tersebut para petani berkesempatan untuk menyampaikan aspirasi mereka.

“Kami mengusulkan permintaan adanya mesin perontok padi, serta lancarnya pupuk yang diterima,” ucap Nur Akhmad.

Ia juga berharap petani di Desa Juai terus mendapatkan pembinaan dari Dinas Pertanian. Serta ke depan para petani pun bisa lebih berkembang.(jie)

Abdul Hadi menilai, para petani memang membutuhkan bantuan untuk pengembangan sawah yang mereka kelola.

” Ada beberapa permintaan petani. Di antaranya kebutuhan mesin perontok padi yang insyaallah ke depannya akan kami penuhi,” ucap Abdul Hadi.

Ia pun berharap ke depan setiap desa di Balangan memiliki sedikitnya dua kelompok tani. Sehingga bisa dibantu melalui program Dinas Pertanian Kabupaten Balangan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rahmadi Ouen mengatakan, panen perdana padi unggul ini ialah kegiatan yang digelar sebagai bentuk dukungan program Bupati Balangan

“Terutama tentang peningkatan ekonomi kerakyatan. Khusunya mensejahterakan petani,” Ujarnya

Pihaknya pun menjanjikan akan merealisasikan permintaan dari petani. Di antaranya keberadaan balai pertanian dan mesin perontok padi yang mempermudah petani dalam bekerja.

TERBARU

TNI AL – Lanal Banjarmasin Jalani Hari Kelima Gelar Serbuan Vaksinasi di Sungai Tabuk...

0
HEADLINE9.COM, BANJARMASIN - Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalsel, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin terus menerus menggelar program Serbuan...

KPM PKH Banjarbaru Mulai Terima Bantuan Sejak PPKM Diberlakukan

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Bantuan beras 10 kilogram dari Pemerintah sebagai dampak dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. Adapun jumlah bantuan...

Bappedalitbang Jaring Inovasi SKPD Banjar

0
HEADLINE9. COM, MARTAPURA – Bappeda Litbang Kabupaten Banjar tengah melakukan penjaringan inovasi yang dilakukan oleh setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup...

Kabupaten Banjar Siapkan Kemungkinan PPKM

0
HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar menyiapkan kemungkinan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini mengemuka dalam rapat koordinasi mingguan yang...

Penyekatan Ditiadakan Hanya Ada Pemeriksaan Surat Menyurat

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Kota Banjarbaru nampak seperti hari hari biasanya, Senin (26/7).

TAG TERKAIT