Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Drive-Thru Tes PCR dan Rapid Antigen di Kalsel Mulai Uji…

Drive-Thru Tes PCR dan Rapid Antigen di Kalsel Mulai Uji Coba

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, KALSEL – Labkesda Kalsel bersama BPKP Kalsel mulai uji coba layanan Drive-Thru untuk tes PCR dan rapid antigen. Ini merupakan inovasi Drive-Thru pertama di Kalimantan Selatan.

Meningkatnya permintaan tes untuk mendeteksi Covid-19 membuat laboratorium harus berinovasi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Tes dengan Drive-Thru sangat diperlukan agar virus tidak menyebar.
Kalau tes di ruangan, penyebaran virus akan lebih masif,” kata Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap.

Layanan tes Covid-19 yang dilakukan via Drive Thru tersebut meliputi pemeriksaan berbasis Rapid Antigen dan PCR. Lokasi Drive-Thru di halaman parkir gedung BPKP Kalsel, Jl A. Yani KM 32,5 Loktabat Selatan, Kec. Landasan Ulin, Banjarbaru. Layanan beroperasi pada hari Senin s.d. Kamis Pukul 08.30 WITA hingga 10.00 WITA.

BACA JUGA :  AR Iwansyah Serahkan Surat Pemberhentian Wakil DPRD ke KPU Banjarbaru

Dengan Drive Thru, masyarakat tidak perlu antri dan berkerumun saat tes dan privasinya terjaga. Selain itu, Drive Thru dapat meningkatkan strategi testing dan tracing terhadap pasien Covid-19, mengingat saat ini kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan masih meningkat. Biaya Rapid Antigen seharga Rp 110.000, sementara untuk tes Swab PCR Rp 525.000. Hasilnya akan diperoleh pada hari yang sama melalui Whatsapp dan langsung muncul di aplikasi PeduliLindungi.

BACA JUGA :  Mayat Laki-Laki Gegerkan Warga Labuan Tabu.

“Jika layanan Drive-Thru ini berjalan lancar, diharapkan bisa menjadi model untuk pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Kalimantan Selatan,” tegas Rudy.

Ia menambahkan, Drive-Thru ini akan mendorong berkembangnya Labkesda di masing-masing Kabupaten/Kota.

Baca Juga