Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Dukung Gerakan Revolusi Hijau Pemkab Tanbu Tanam 225 Pohon Hutan…

Dukung Gerakan Revolusi Hijau Pemkab Tanbu Tanam 225 Pohon Hutan Kota Kawasan Perkantoran

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

BATULICIN,headline9.com – Sebanyak 225 pohon jenis durian, jengkol, kayu manis, petai dan langsat ditanam di hutan kota kawasan perkantoran bupati di kelurahan Gunung Tinggi, kecamatan Batulicin, kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (20/8/2021).

Aksi ini bagian dari upaya pelestarian lingkungan dan mendukung program revolusi hijau yang digaungkan pemerintah provinsi Kalsel. Gerakan penanaman pohon melibatkan Pemerintah Kabupaten dan Polres Tanah Bumbu.

Penanaman dilakukan langsung Wakil Bupati Muhammad Rusli, didampingi Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih berama mitra kerja instansi vertikal dan kepala SKPD dilingkup pemkab Tanah Bumbu.

Menurut Wakil Bupati Muhammad Rusli, penanaman ini serentak digelar di seluruh wilayah di Kalsel dalam rangka mendukung program revolusi hijau dan gerakan sejuta pohon.

“Kita sudah melaksanakan penanaman program sejuta pohon di kawasan perkantoran Gunung Tinggi. Tentunya ini bentuk kecintaan kita terhadap bumi,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bupati Apresiasi Rakercab IWAPI Tanbu 

Ia berharap melalui gerakan ini menjadi upaya melestarikan lingkungan dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap alam.

“Gerakan ini harus dilanjutkan di lahan-lahan lain. Sehingga nantinya tak ada lagi lahan yang tandus,” sambungnya.

Dikatakannya, menanam pohon bertujuan untuk menahan serapan air, sehingga bisa menjadi penangkal bencana banjir.

“Jika terus menggalakkan program penghijauan secara konsisten, kedepan semua lingkungan di Tanah Bumbu mampu mengantisipasi banjir,” tandasnya.

Sementara Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih menyebutkan aksi ini bentuk sinergitas semua pihak, yakni Pemerintah Daerah, TNI/ Polri. Menurutnya gerakan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.

“Kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu wilayah Kalsel dilanda bencana banjir. Sehingga kegiatan penanaman ini bisa menjadi penangkal banjir,” kata Kapolres.

BACA JUGA :  PT Air Minum Bersujud Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik

Yakni melalui aksi penanaman, ujarnya, bisa menjaga kelestarian alam. Tentunya nanti bisa mengantisipasi bencana dan menghindari banjir.

“Untuk situasi saat ini, kabupaten Tanah Bumbu relatif aman dari banjir,” tegasnya.

Namun, lanjutnya, tetap diantisipasi sejak dini. Yaitu melalui pelestarian alam yang harus terus dijaga.

Dalam aksi ini, sebanyak 225 bibit pohon ditanam secara serentak. Diantaranya jenis durian, jengkol, kayu manis, petai dan langsat.

Turut hadir dalam gerakan tersebut, anggota DPRD Tanah Bumbu, perwakilan Kodim 1022/TNB, PN Batulicin, Pos Lanal Batulicin, KOH Kusam, MUI Tanah Bumbu, sejumlah SKPD dilingkungan pemerintah kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga