Home ยป Cek, Ini Beberapa Penyakit Saat Musim Pancaroba

Cek, Ini Beberapa Penyakit Saat Musim Pancaroba

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

Headline9.com, BANJARBARU – Musim pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim di Indonesia, musim di Indonesia ada dua yaitu, musim hujan dan musim kemarau.

Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai bulan Maret. Sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan April sampai September. Namun, pergantian musim ini bisa maju atau mundur sesuai dengan beberapa faktor yang mempengaruhi.

Musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca ekstrim seperti intensitas badai meningkat, serta sering terjadi hujan deras yang diiringi petir dan angin kencang.

Perubahan cuaca yang tidak menentu bisa membuat daya tubuh seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit.Kebanyakan penyakit yang menyerang disebabkan bakteri atau virus.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyakit yang sering dialami dimusim pancaroba.

1. Infeksi Saluran Pernafasan

Perubahan cuaca ini akan memicu perubahan suhu dan kelembaban udara yang berefek pada saluran pernapasan. Gejala infeksi saluran pernapasan adalah batuk berdahak, hidung tersumbat, flu dan bersin, pusing, serta nyeri otot, terkadang infeksi ini juga disertai demam.

Infeksi ini bisa dicegah dengan menjaga imunitas tubuh. Cara menjaga imunitas tubuh adalah dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, hindari stress, dan rajin mencuci tangan.

2. Influenza

Anak-anak paling sering terkena penyakit influenza saat musim pancaroba. Gejala yang dialami biasanya hidung tersumbat, batuk kering, dan mudah lelah.Influenza bisa dicegah dengan makan-makanan yang bergizi dan cukup.

Pada orang yang sedang menjalankan diet juga biasanya rentan terkena influenza ketika musim pancaroba kerena kurangnya asupan nutrisi sehingga tubuh menjadi rentan terserang penyakit.

3. Tipes

Tipes atau demam typhoid merupakan salah satu penyakit musim pancaroba. Penyakit ini menyerang saluran pencernaan yang disebabkan bakteri Salmonella thyphosa.

Bakteri ini berkembang biak dengan cepat pada air yang kotor, karena pada musim pancaroba sering terjadi hujan.

Serangan tipes bisa menyebabkan seseorang mengalami diare, demam, dan kehilangan nafsu makan. Orang yang terkena tipes harus memakan makanan yang lunak selama sakit.

Biasanya seseorang akan terkena tipes karena memakan makanan yang kurang bersih atau tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan dan memilih makanan yang bersih. Lebih baik lagi jika Anda memasak sendiri di rumah sehingga terjamin kebersihannya.

Itulah beberapa penyakit dimusim pancaroba yang harus diwaspadai. (ald)

Baca Juga