Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Sahbirin Aprsiasi Kajian KLHK Tentang Pengamanan Lingkungan

Sahbirin Aprsiasi Kajian KLHK Tentang Pengamanan Lingkungan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURA -Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor sampaikan apresiasi KLHK yang menyusun kajian Komprehensif kajian pengaman lingkungan berbasis Ekoregion, sebagai pondasi menyikapi ancaman Hidrometeorologi di Kalimantan Selatan.

Hal tersebut dikatakannya pada kegiatan penyerahan dokumen hasil kajian pengamanan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito Berbasis Ekoregion, Kolaborasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Pemprov Kalsel, serta Penandatanganan Kesepakatan Bersama Upaya Percepatan Pemulihan Lingkungan Hidup Pasca Banjir di Kalsel oleh DLH Provinsi Kalsel di Gedung Idham Chalid Banjarbaru.

Dikatakannya, Pemprov Kalsel melalui DLH mengambil peran dalam pembinaan proklim di level tapak, melaksanakan pengawasan secara ketat terhadap pengelolaan lingkungan hidup dan berupaya melakukan berbagai kampanye serta edukasi kepada masyarakat.

BACA JUGA :  27 Pelajar SMA Terpilih Ikuti Diklat Paskibra

“Untuk melakukan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim melalui Program Desa Sasangga Banua dan Program Sungai Martapura Bungas yang salah satu tujuannya adalah untuk mereduksi banji,” jelasnya.

Lebih jauh Sahbirin mengungkapkan, Pemprov Kalsel juga melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan Pemerintah Pusat pada skala tapak dalam mitigasi bencana seperti Program Kampung Siaga Bencana (KSB), Taruna Tanggap Bencana (Tagana), oleh Kemensos Program Kampung Iklim (Proklim) dan KLHK melalui Sekretariat Forum DAS Barito dengan prinsip “One River One Manajemen”.

BACA JUGA :  Tahun Ini, Pemkab Banjar Tak Laksanakan Pasar Ramadan

“Upaya ini juga diikuti oleh keterlibatan dunia usaha untuk mengurangi bencana banjir melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan pelaksanaan pengelolaan lingkungan yang ketat”, ucapnya.

Dirinya berharap masyarakat yang terdampak musibah banjir di Kalsel agar tetap tabah dan waspada dengan banjir susulan.

Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan dan Penyerahan Dokumen Hasil Kajian Pengamanan Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito Berbasis Ekoregion oleh Gubernur Kalsel didampingi KLHK dan Ketua DPRD Provinsi Kalsel bersama Bupati dan Walikota se Kalimantan Selatan. (nsh)

Baca Juga