Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Manis dan Renyah Jadi Ciri Khas Jambu Kristal

Manis dan Renyah Jadi Ciri Khas Jambu Kristal

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Siapa yang tidak tahu bahwa jambu kristal kaya akan vitamin B2, buah ini sangat diminati masyarakat khususnya warga Bumi Sanggam.

Tepat di Komplek Tapau Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan Kalsel terdapat kebun Jambu Kristal yang sangat luas kepunyaan salah satu warga desa setempat.

Pantauan Headline9.com terlihat ada sebanyak 250 pohon yang ditanam berjejer di lahan tanah tersebut, Senin (07/02/2022) sore.

Rasa yang manis dan renyah menjadi daya tarik tersendiri dari buah tersebut, bukan hanya rasanya yang enak, namun harganya juga sangat bersahabat.

Harga jambu kristal perkilo dijual seharga Rp 25.000 dalam satu kilonya rata – rata berisikan empat sampai lima biji jambu kristal.

BACA JUGA :  Sosialisasi Pembentukan KIM Untuk Lahirkan Masyarakat Cerdas Informasi

Surtriani, yang merupakan pemilik kebun mengatakan ia mulai menanam bibit jambu kristal mulai tahun 2019, yang mana sumber bibit awal dibeli dari Bogor.

“Bermula dari saran teman – teman saya kemudian mencoba menanam bibit jambu kristal hingga kini Alhamdulillah sudah banyak orderan dari konsumen,” ucap Sutriani

Tidak hanya menjual jambu kristal, Sutriani juga menjual bibit jambu kristal seharga Rp 50.000 ribu per bibit

Sutriani juga terus belajar dalam perawatan bibit jambu kristal sehingga menghasilkan buah dengan kualitas yang bagus.

“Kalau untuk perawatan kebun saya terus belajar dengan begitu saya bisa merawat kebun dengan cara – cara yang efektif, saya tidak berani menjual apabila kondisi buah cacat” tambahnya.

BACA JUGA :  SDK Dusun Raranum Terima Buku Dari Perpustakaan Daerah Balangan

Dalam sehari panen Sutriani dapat menghasilkan buah kurang lebih sebanyak 100 Kilogram itu apabila memasuki musim panen, namun jika tidak masuk musim panen Sutriani hanya memperoleh 40 sampai 50 kilogram dalam sehari.

Diketahui, saat ini Sutriani tidak hanya menjual jambu kristal, namun ia juga menjual buah lemon dimana buah lemon saat ini merupakan buah yang trendi yang kaya akan manfaat.

Terakhir Sutriani mengatakan akan terus mengembangkan usaha yang kini telah ia tekuni, nantinya ia akan menanam berbagai macam buah – buahan. (Ald)

Baca Juga