Pemkab Balangan Mulai Uji Coba Road Sweeper

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Baru – baru ini Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pertahanan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Balangan mulai operasikan mobil pembersih debu atau sering dikenal Road Sweeper, Senin (07/02/2022).

Sepanjang jalan A. Yani di wilayah Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan menjadi sasaran pembersihan, namun sebelum armada diturunkan, pembersihan secara manual lebih dulu dilakukan.

Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa Abdullah secara langsung turun ke lapangan bersama puluhan petugas DPLH Kabupaten Balangan bekerjasama melakukan pembersihan.

Adapun sasarannya yakni median jalan dan sisi kiri kanan jalan.

BACA JUGA :  ASKS XVIII Diharapkan Mampu Wujudkan Sastrawan yang Mencintai Sastra Daerah

Musa mengatakan, pembersihan kali ini juga sekaligus melihat kemampuan tenaga pembersih di DPLH Kabupaten Balangan. Utamanya pada mereka yang aktif dan energik.

Sementara untuk armada road sweeper diturunkan untuk menentukan pola pembersihan seperti apa yang kelak akan diterapkan.

Keberadaan mobil road sweeper ujar Musa dapat membantu mempermudah pembersihan debu di jalanan. Apalagi sebelumnya, petugas kebersihan masih menggunakan cara manual atau tenaga manusia.

Pihaknya juga berencana untuk rutin mengoperasionalkan armada tersebut. Terlebih sudah ada sopir yang diberdayakan dan dilatih untuk mengendalikan mobil.

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Pastikan Pupuk Subsidi dan Nonsubsidi Aman Hingga Musim Tanam

“Kedepannya, pembersihan debu di jalanan ini juga akan sampai ke wilayah Paringin. Hanya saja saat ini masih terkendala perbaikan Jembatan Paringin,” ujar Musa, Senin (07/02/2022).

Lanjut, Musa menerangkan cara kerja dari mobil sweeper yang sudah mulai difungsikan. Manfaat mobil untuk menyedot debu dan penyapuan debu atau tanah yang menempel pada median jalan.

Bukan hanya pada penanganan debu, pihaknya juga secara rutin melakukan perawatan terhadap taman yang diolah pada median jalan di Balangan. (Ald)

Baca Juga