Wabup Banjar Hadiri Haul Guru Sekumpul dan Habib Ahmad di Sungai Asam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

headline9.com, MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie dan ratusan jemaah hadiri peringatan haul Habib Ahmad bin Abu Bakar Bil Faqih atau Habib Sugih Keramat, sekaligus haul ke 17 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, di kediaman Habib Hamid Bil-Faqih, di Desa Sungai Asam, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Sabtu (12/2/2022).

Peringatan haul yang juga dihadiri Camat Karang Intan Muhammad Ilmi, para habaib, alim ulama dan tokoh masyarakat tersebut, di awali dengan pembacaan syair Maulid Al Habsyi.

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar Mulai Laksanakan Karantina Kesehatan

Usman bin Idrus Bil Faqih salah satu buyut Habib Ahmad bin Abu Bakar Bil Faqih menyampaikan, salah satu karomah almarhum adalah aroma wangi yang tercium oleh masyarakat Desa Sungai Asam satu hari sebelum kedatangannya.

“Sehari sebelum Habib Ahmad bin Abu Bakar Bil Faqih tiba disini, masyarakat sudah mengetahui dari aroma wanginya,” ucapnya.

Sementara makam Habib Ahmad atau Habib Sugih Keramat berada di Sungai Jingah Banjarmasin, sedangkan di Desa Sungai Asam Kecamatan Karang Intan ini adalah simbolis dengan ciri khas pohon bercabang menjulang tinggi.

BACA JUGA :  Kapolda Kalsel Menjadi Narasumber Dalam Program Lintas Banua Pagi

“Amanah dari Habib Ahmad, apabila anak dan cucu ingin berziarah, maka akan diberi tanda yaitu pohon bercabang menjulang tinggi, maka sama hakikatnya ziarah disini dengan ke Banjarmasin,” ujarnya.

Seorang Jemaah warga setempat Fauzan muslim mengaku bersyukur karena tahun ini bisa mengikuti haul Habib Sugih Keramat.

“Semoga berkat rahmatnya, pandemi Covid-19 segera usai, dan kita bisa mengikuti kegiatan keagamaan seperti biasanya,” harapnya

Baca Juga