Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bupati Banjar Buka Peningkatan Kapasitas BPD 2023

Bupati Banjar Buka Peningkatan Kapasitas BPD 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KERTAK HANYAR– Sebanyak 560 orang perwakilan dari BPD se-Kabupaten Banjar, ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Tahun 2023. Kegiatan dibuka oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur, di Hotel Treepark Kertak Hanyar, Selasa (11/7/2023) siang.

Ratusan perwakilan dari BPD tersebut berasal dari 4 kecamatan, antara lain Kecamatan Gambut, Kertak Hanyar, Tatah Makmur dan Martapura Barat.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, BPD sebagai unsur lembaga legislatif di desa dituntut untuk mengawal dan menjaga kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pambakal agar sesuai dengan tujuan dan capaian visi dan misi pambakal.

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar Targetkan Vaksinasi Anak di Awal Tahun 2022

Secara umum lanjut Saidi Mansyur, tugas BPD adalah membahas dan menyepakati peraturan desa serta mengawasi kinerja kepala desa, sehingga wajib dipahami oleh seluruh anggota BPD.

“Secara bertahap nanti Pemerintah Kabupaten Banjar melalui DPMD akan selalu berusaha untuk dapat meningkatkan kapasitas BPD dalam menunjang percepatan pencapaian visi dan misi Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri dan Agamis (MANIS),” ungkapnya.

Sementara Kabid Pemerintahan Desa DPMD Banjar Hafiz Anshari menjelaskan, metode peningkatan kapasitas anggota BPD antara lain ceramah, pengawasan, evaluasi serta kinerja kepala desa yang akan disampaikan pemateri dari tenaga ahli kabupaten dan DPMD yang telah dilatih.

BACA JUGA :  Arahan KPK, Semua Proses Perizinan Segera Diserahkan Ke DPMPTSP

“Melalui kegiatan ini semoga lebih meningkatkan kapabilitas dan kapasitas anggota BPD sehingga nanti dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.

Kegiatan digelar selama dua hari yakni 11-12 Juli 2023, kemudian berlanjut perwakilan BPD dari desa-desa lainnya dari beberapa kecamatan dengan total 90 orang

Baca Juga