Polres Balangan Akan Gelar Operasi Ketupat Intan 2022, Cek Tanggalnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Kepolisian Resort (Polres) Balangan Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2022, dipimpin Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Jumat (22/04/2022).

Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2022 dilaksanakan dalam rangka Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi terkait untuk mewujudkan Masyarakat Aman dan Sehat dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H.

Kegiatan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2022 dihadiri Bupati Balangan Abdul Hadi, Forkopimda Kabupaten Balangan dan diikuti peserta apel yang terdiri dari personil TNI / Polri, Dishub Balangan, Satpol PP Balangan, PSC 119 (Public Safety Center) Balangan dan Saka Bhayangkara Balangan.

Operasi Ketupat Intan 2022 dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 s.d 9 Mei 2022, fokus pengamanan adalah 101.700 objek di seluruh indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan Bandara.

Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. Walaupun situasi pandemi Covid 19 di indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan di bawah angka 1%, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada di bawah standar WHO, namun pandemi belum sepenuhnya selesai.

BACA JUGA :  TP PKK Balangan Gelar Seminar Public Speaking

Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin mengatakan Pemerintah telah menetapkan libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H / tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri 1443 H pada tanggal 29 April 2022 dan tanggal 4 s/d 6 Mei 2022.

“Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk merayakan bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak ada di lakukan penyekatan di jalur lintasan,” ujar Kapolres.

Pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14 s.d 27 April 2022 polri juga telah melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran distribusi sembako, minyak goreng, penyakit masyarakat, Miras, judi, Prostitusi, Narkoba, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain – lain.

BACA JUGA :  Konflik Sosial, Balangan Masih Aman

Adapun personil yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat Intan 2022 Polres Balangan sebanyak 150 personil gabungan yang terdiri dari TNI / Polri, Dishub, Satpol PP, Damkar, PSC 119 Balangan dan Saka Bhayangkara Balangan yang akan ditempatkan di 2 (dua) Pos pengamanan dan Pos Pelayanan yang telah disiapkan.

Dalam Operasi Ketupat Intan 2022 difokuskan pada pengamanan kegiatan ibadah Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 H dan setelah lebaran Idul Fitri serta menjaga Sitkamtibmas yang kondusif diwilayah Kab. Balangan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam apel Gelar Pasukan Operasi ini, semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh ikhlas dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1443 H ini akan menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan YME,” tutupnya (Ald)

Baca Juga