Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. RSD Idaman Banjarbaru Luncurkan Layanan Hematologi Onkologi Anak Pengidap Thalassemia

RSD Idaman Banjarbaru Luncurkan Layanan Hematologi Onkologi Anak Pengidap Thalassemia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Bertepatan World Thalassemia Day, Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru mengukir sejarah dengan menggelar Launching Layanan Unggulan Hematologi – Onkologi anak,
pengidap penyakit thalassemia,
Rabu (11/5/2022), di Aula Besar Rumah Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Walikota Banjarbaru melalui Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M. Si, kemudian dilanjutkan laporan dari Plt. Direktur RSDI Kota Banjarbaru dr. Dani Indrawardhana.

Plt Direktur RSUD Idaman Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana mengatakan, penyakit seperti thalassemia harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Lanjut dr Danny dengan hadirnya layanan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Banjarbaru bersama RSUD Idaman, untuk menekan angka thalassemia di Banjarbaru.

BACA JUGA :  Program Padat Karya Swakelola Bidang SDA PUPR Capai 68,9 Persen

“Thalassemia harus mendapatkan perhatian dari kita dan pemerintah. Karena rentan menyerang anak-anak, jadi kami juga melakukan screening di sekolah-sekolah,” ucap dr Danny.

Dirinya menilai dan tak memungkiri data, bahwa kebutuhan darah pasien Thalasemia itu cukup tinggi. Dimana rata-rata antara 30 sampai 40 kantong perminggu.

“Banyaknya pasien thalassemia dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, membuat RSUD Idaman optimis layanan unggulan ini dapat bermanfaat di masyarakat,”jelasnya.

“Kami tidak hanya melayani pasien dari Banjarbaru tapi juga ada dari Tabalong bahkan sampai ke Kalteng,” ungkap dr Danny.

Selain itu jelasnya, adanya dokter ahli Onkologi di RSUD Idaman Banjarbaru, juga menjadi salah satu faktor pendukung hadirnya layanan unggulan ini.

BACA JUGA :  Bernhard Pastikan Bandara Terapkan Protokol Kesehatan

“Kami punya dokter ahli onkologi disini, dr Farlin yang sudah banyak menangani pasien Thalassemia,” jelasnya.

Sementara, Sekda Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M. Si mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Banjarbaru terhadap para pasien Thalassemia.

“Ini bentuk kepedulian kita terhadap Kota Banjarbaru dan juga Kalimantan Selatan, bahwa kita peduli terhadap pasien Thalassemia,” jelas Said.

Dalam kegiatan, juga dilaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara RSDI Kota Banjarbaru dengan Batalyon Infanteri 623 tentang kegiatan donor darah dan pemenuhan ketersediaan darah di RSDI Kota Banjarbaru.

Baca Juga