Melalui Home Care, Permudah Masyarakat Dalam Berobat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan optimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat Bumi Sanggam.

Melalui layanan Home Care atau disebut Dokter yang berkunjung kerumah-rumah dengan begitu masyarakat dapat lebih mudah dalam urusan berobat dan cek kesehatan.

Home Care sendiri merupakan sebuah gagasan yang berdasar dari Visi-Misi Bupati Abdul Hadi dan Wakil Bupati Supiani.

Pada teknisnya, layanan Home Care ini menyasar kepada masyarakat yang secara fisik tidak bisa langsung datang ke Puskesmas atau Rumah Sakit setempat, seperti para lansia dan penyandang disabilitas.

Layanan ini sendiri digerakkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, dengan harapan layanan ini dapat berjalan maksimal sehingga menjadi salah satu kepuasan dalam pelayanan publik.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Ahmad Sauki menerangkan kegiatan layanan kesehatan Home Care alias dokter kunjung ke rumah-rumah yang merupakan program dari visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Balangan Abdul Hadi- Supiani sebenarnya telah berjalan di sebanyak 12 UPT Puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Tekankan CPNS Tinggal di Kabupaten Balangan

“Sebanyak 12 UPT Puskesmas di Kabupaten Balangan telah melaksanakan layanan Home Care dan secara teknis sudah ada beberapa Puskesmas yang memang sangat aktif dalam melaksanakan kegiatan ini, untuk Puskesmas yang belum aktif dikarenakan mungkin masih sibuk dalam urusan percepatan vaksinasi di Kabupaten Balangan,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kamis (12/05/2022).

Lebih lanjut ujarnya, adapun Puskesmas yang aktif dalam melakukan laporan terkait layanan Home Care yakni Puskesmas Batumandi, Puskesmas Juai, dan Puskesmas Tebing Tinggi.

BACA JUGA :  Hujan Deras, Dua Desa di Balangan Kembali Terendam Banjir

Terlebih ujarnya lagi, khusus untuk Puskesmas Batumandi telah aktif dari awal program ini diadakan, dan hingga kini telah melayani sedikitnya 100 pasien.

Kedepannya, Bupati Balangan Abdul Hadi akan memberikan operasional untuk menunjang kegiatan Home Care ini sebanyak 6 unit di tahun 2022 dan 6 unit lagi di tahun 2023 mendatang.

Terakhir ujarnya, setiap Puskesmas telah membentuk tim untuk pendataan serta bagi masyarakat juga bisa langsung berlapor kepada perangkat desa ataupun langsung ke Puskesmas, dengan begitu layanan Home Care akan langsung datang kerumah tanpa dipungut biaya.

“Rata-rata kita memiliki 2 orang dokter dalam 1 puskesmas, 1 dokter stand by di puskesmas dan 1 dokter yang melaksanakan layanan home care, dan itu dilaksanakan secara bergantian,” tutupnya. (Ald)

Baca Juga