Cegah Stunting, Dinkes Banjar Kampanyekan Tablet Tambah Darah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Untuk cegah Stunting dan angka kematian ibu dan bayi, Dinas Kesehatan (Dinkes) laksanakan kampanye pemberian tablet tambah darah ke remaja di SMPN 1 Astambul, Rabu (25/05/2022) pagi.

Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina, kegiatan bertujuan untuk pencegahan anemia pada remaja, salah satunya dengan pemberian vitamin penambah darah.

Selain di sekolah lanjut Yasna, pemberian vitamin penambah darah juga dilakukan di semua puskesmas di Kabupaten Banjar khususnya bagi remaja putri serta ibu hamil karena akan berpengaruh pada kandungan.

“Khusus ibu-ibu dan remaja putri agar diperhatikan tentang vitamin penambah darah ini, jangan sampai  anemia karena daya tahan tubuh akan menurun, mempengaruhi proses belajar dan ibu hamil bisa mempengaruhi janin nantinya,” pesan Yasna.

BACA JUGA :  Eksebisi : Paman Birin Cetak Gol

Kepala SMP 1 Astambul Guntariadi mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu juga bekerjasama dengan Dinkes Banjar di kegiatan serupa melalui puskesmas.

Menurutnya, penting sekali tentang anemia ini diberikan kepada remaja putri apalagi yang aktif punya kegiatan rutin dalam keseharian.

“Apa yang diberikan pemateri hari ini juga sangat membantu serta menambah pengetahuan, semisal tentang pentingnya karbohidrat dalam sarapan karena selama ini yang kita ketahui hanyalah peran protein saja,” ungkap Guntariadi.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini tidak hanya siswi saja yang mendapatkan ilmu, akan tetapi juga para guru agar nantinya sama-sama tak melalaikan tentang anemia, dan bersama-sama bisa memberikan pemahaman tentang pentingnya vitamin penambah darah.

BACA JUGA :  Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul 2019 : Kombain Peta Jalur dan Bersih dari Atribut Politik dan

Kegiatan yang di ikuti 80 siswi kelas 7 dan 8 tersebut diawali dengan pemberian secara simbolis vitamin penambah darah bagi siswi, kemudian pemberian materi yang disampaikan Maghdalena dari Bapelkes Kota Banjarmasin.

Hadir di kegiatan ini Wakil Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Banjar  Agus Supriyanto, TP PKK Pokja 4, Ketua dan Wakil TP PKK kecamatan dan desa di Astambul.

Baca Juga