Tingkatkan Pemahaman Permendagri, Pemkab Gelar Bimtek Bagi Aparat Desa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Pemkab Balangan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penetapan dan Penegasan Batas Desa, Penginputan Data Epdeskel dan Prodeskel bagi Aparatur Desa, di Banjarmasin, Jumat (27/05/2022).

Bimtek dibuka resmi oleh Bupati Balangan Abdul Hadi disaksikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan Urai Nur Iskandar.

Bimtek tersebut diikuti 170 aparat desa dari 4 Kecamatan di Kabupaten Balangan, kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar.

Bimtek ini bertujuan agar para aparat desa mengetahui apa saja itu batas desa yang mengacu pada Peraturan Mendagri Nomor 45 tahun 2016 tentang Epdeskel dan Prodeskel serta terkait Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

BACA JUGA :  Pacu Produksi Padi, Bupati Balangan Bantu Alsintan

Pada kesempatannya, Bupati Balangan mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan dan isi materi yang dibawakan pada Bimtek tersebut.

Menurutnya, penetapan desa dan tanah itu sensitif untuk itu mengenai hal tersebut haruslah menjadi prioritas sehingga tidak menimbulkan konflik yang berujung menjadi hambatan pembangunan daerah.

“Pemetaan batas desa adalah dasar perencanaan, batas yang jelas dan tegas mendukung data yang valid,” ujar Bupati Balangan.

Selain itu, batas yang tidak jelas dan tidak tegas berdampak negatif terhadap tertib administrasi, kepastian hukum dan kecepatan penanganan masalah.

BACA JUGA :  Siswa Balangan Divaksinasi

“Di era teknologi saat ini tentu kita dimudahkan dalam urusan data dan administrasi, melalui aplikasi epdeskel dan prodeskel tentu penginputan menjadi lebih mudah, jadi penting untuk Desa dan Kelurahan menerapkan dan memahami cara penggunaan dan terus melakukan update pada aplikasi tersebut,” tambahnya.

Terakhir, karena biaya untuk menggelar kegiatan ini tergolong besar, Bupati Balangan Abdul Hadi meminta tanggung jawab agar mengikuti dengan seksama, mengimplementasikan dalam tugas, dan mewujudkan kemajuan yang signifikan di desa terkait materi bimtek. (Ald)

Baca Juga